Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Senin, 01 Okt 2012 15:25 WIB

DESTINATIONS

Oleh-oleh dari Sorong: Roti Gulung Abon & Batik Papua

Afif Farhan
Redaksi Travel
Batik Papua khas Sorong (Afif/detikTravel)
Batik Papua khas Sorong (Afif/detikTravel)
Sorong - Sorong adalah gerbang masuk menuju Raja Ampat. Meski dikenal sebagai kota transit, rupanya ada oleh-oleh khas Sorong yang tak boleh Anda lewatkan. Ada roti gulung abon dan batik Papua.

Bagi Anda yang sudah pernah atau ingin berkunjung ke Raja Ampat, nama Sorong sudah tidak asing lagi. Dari kota inilah, Anda melakukan perjalanan atau pulang dari Raja Ampat. detiktravel pun melewati kota ini dalam perjalanan menuju Raja Ampat.

Meski dikenal sebagai kota transit, Sorong juga mempunyai oleh-oleh khas yang wajib Anda beli. Selain koteka, oleh-oleh khas dari Sorong tersebut adalah roti abon gulung dan batik Papua.

Anda bisa menemukan roti abon gulung di Toko Roti Billy Bakery di Jalan Ahmad Yani, Sorong, atau di Bandara Domine Eduard Osok. Roti yang digulung ini memiliki bentuk yang besar, ukurannya segenggaman telapak tangan orang dewasa alias diameter 10 cm. Terlihat, abon-abon di dalam rotinya meluber sampai keluar. Sungguh menggoda!

Penggemar abon wajib beli makanan ini. Saat digigit, rotinya sangat empuk dan gurih. Abon di dalam rotinya juga tersedia banyak rasa, mulai dari ayam, sapi, keju, dan cokelat yang dihiasi taburan messes. Sekali coba dijamin ketagihan!

Meski di dalam rotinya ada abon dan lelehan cokelat, untuk roti abon rasa cokelat, justru rasanya sangat lezat dan tidak aneh. Ada rasa abon yang merupakan makanan kering dari daging berupa serpihan bercampur dengan lelehan cokelat. Nyammm!

Harga satu porsi roti gulung ini adalah Rp 10 ribu. Biasanya wisatawan membeli dalam satu box dengan isi 10 roti. Tidak hanya traveler, masyarakat sekitar juga banyak yang menggemari roti ini.

Selain roti abon gulung, Anda wajib berkunjung ke Toko Aneka Batik Papua. Toko ini terletak di Jl Samratulangi No 89, Sorong, tidak jauh dari bandara. Toko ini terlihat kecil dari pinggir jalan. Memasuki ke dalam tokonya, udara dingin dari AC dan batik dengan warna-warni akan menyambut Anda.

Uniknya, batik Papua banyak yang bermotif burung cendrawasih. Dengan banyak pilihan warna, batik Papua tidak kalah cantik dengan batik-batik di Jawa. Di dalam toko ini terdapat batik tulis, batik cetak, dan batik cap.

Harga batik di dalam toko ini pun berkisar dari Rp 100-800 ribu. Ada batik yang berlengan panjang dan ada juga pendek, tergantung selera Anda. Tak hanya itu, ada juga kain batik yang dijual dengan harga Rp 35 ribu per meter. Batiknya pun berwarna-warni, lucu!

Selain batik, baju-baju bertuliskan Papua dan gambar burung cendrawasih pun dapat Anda temukan. Harganya berkisar dari Rp 50-100 ribu saja. Tidak hanya itu, tas-tas batik P apua seharga sekitar Rp 100 ribu dapat menjadi oleh-oleh yang manis dari Sorong.

Berkunjung ke Sorong, jangan lupa membeli roti abon gulung dan batik Papua. Selain untuk kenang-kenangan, oleh-oleh ini cocok untuk keluarga atau kerabat Anda.


(aff/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.