Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Jumat, 25 Jan 2013 07:50 WIB

DESTINATIONS

Ini Bukan Grand Canyon, Ini Ngarai Sianok!

Putri Rizqi Hernasari
Redaksi Travel
Ngarai Sianok , keindahan dari Bukittinggi (Afif/detikTravel)
Ngarai Sianok , keindahan dari Bukittinggi (Afif/detikTravel)
Bukittinggi - Tak perlu jauh-jauh ke Grand Canyon, Arizona di AS untuk melihat keindahan sebuah lembah yang curam dengan tebingnya yang gahar. Indonesia juga punya. Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumbar juga memiliki keindahan alam yang tak kalah keren.

Berada di Bukittinggi, Ngarai Sianok jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi turis selain Jam Gadang. Sesuai namanya, ngarai yang berarti lembah dan Sianok adalah nama sebuah desa, Ngarai Sianok menyuguhkan keindahan sebuah lembah yang terjal. Lebih indah lagi karena ada banyak pepohonan hijau yang tumbuh di atas tebing tingginya.

Datang ke Ngarai Sianok, Anda serasa berada di Grand Canyon ala Indonesia. Betapa tidak, keduanya sama-sama memiliki tebing tinggi dan lembah yang terjal. Sungai kecil juga mengalir menjadi penghias Ngarai Sianok dan Grand Canyon.

Bagi pecinta fotografi, Ngarai Sianok dengan pepohonan hijau dan tebingnya yang tinggi adalah surga. Ya, ini adalah surga fotografi. Alam yang sudah cantik akan semakin cantik dengan sentuhan kamera dan tangan dingin para fotografer.

Ada dua tempat untuk mendapatkan pemandangan paling keren dari Ngarai Sianok. Tempat pertama adalah dari Taman Panorama. Cukup membayar Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa melihat Ngarai Sianok dari ketinggian.

Segera keluarkan kamera Anda, dan abadikan salah satu tempat tercantik di Sumbar. Jangan lupa juga memotret monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang banyak bergelantungan di pohon sana.

Kalau belum puas melihat ngarai dari ketinggian, Anda bisa datang ke tempat kedua, yaitu dasar ngarai. Lokasinya ada di luar Taman Panorama.

Langsung saja keluar dari taman, dan pacu kendaraan ke jalan belakang taman panorama. Karena akan mencapai dasar lembah, jangan heran kalau jalanan yang dilalui menurun dan cukup terjal.

Tak sampai 15 menit dari Taman Panorama, Anda langsung tiba di dasar Ngarai Sianok. Sebuah sungai yang mengalirkan air jernih pun telah menanti kedatangan setiap turis yang datang.

Jangan tanya soal keindahan. Dilihat dari atas atau pun bawah, Ngarai Sianok tetap memukau. Jika dari ketinggian, ngarai turis melihat ngarai yang didominasi pepohonan, dari bawah Anda bisa langsung melihat betapa kokohnya tebing-tebing Sianok.

Karena lokasinya yang berada sangat di bawah, dasar Ngarai Sianok hanya dikunjungi sedikit turis. Biasanya tempat ini dijadikan lokasi piknik penduduk sekitar. Dengan asyiknya, mereka akan menggelar tikar dan menyantap makan siang di tepi sungai. Asyik!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.