Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Jumat, 28 Jan 2011 12:01 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Penjaga Ujung Barat Pulau Jawa

Herman Suparman
detikTravel Community
Foto 1 dari 3
Batu karang yg tinggi kokoh menjulang
Batu karang yg tinggi kokoh menjulang
detikTravel Community - Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan kawasan konservasi untuk flora dan fauna langka. Salah satu hewan langka penghuninya adalah badak bercula satu, yang tidak akan ditemukan di tempat lain dan sampai saat ini hanya tersisa tidak lebih dari 50 ekor.

Selain sebagai kawasan konservasi, TNUK juga dijadikan tempat tujuan wisata yang cukup lengkap mulai dari snorkeling, berenang, diving, canoing sampai trekking.

Salah satu jalur trekking yang cukup mengasyikkan untuk dijelalahi adalah Cibom - Tanjung Layar dengan kontour tanah merah dan berubah jadi lumpur dikala musim hujan. Vegetasi jalur trekking yang berjarak kurang lebih 1.7 km ini didominasi oleh pepohonan yang cukup tinggi, salah satunya adalah Pohon Kiara berlubang yang tumbuh tepat ditengah jalan. Untungnya pohon raksasa ini mempunyai lubang yg cukup besar diantara akar, sehingga orang bisa melewatinya.

Di Tanjung Layar terdapat beberapa objek wisata yg menarik, diantaranya adalah mercusuar, komplek penjara Belanda dan padang savana yang cukup luas. Terdapat dua mercusuar, mercusuar lama dan baru. Mercusuar lama sudah tidak layak dipergunakan lagi karena hancur oleh letusan Gunung Krakatau. Nah di area mercusuar lama inilah komplek penjara Belanda itu berada. Sedangkan fungsi mercusuar lama sudah digantikan oleh mercusuar baru yg dibangun pada tahun 1972. Dari atas mercusuar baru ini bisa langsung terlihat pemandangan indah laut lepas dan beberapa pulau disekitarnya.

Sedikit ke arah timur, terdapat padang rumput savana cukup luas yg sering dijadikan tempat merumputnya banteng-banteng liar. Dan diujung padang rumput ini, berbatasan dengan lautan, tampak berdiri kokoh batu karang yg menjulang tinggi. Walaupun deburan ombak yg sangat kencang menghantamnya setiap saat, dia tetap tangguh dan setia menjaga kawasan ujung paling barat pulau Jawa ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Negeri di Atas Awan Ala Trenggalek

Minggu, 28 Mei 2017 15:55 WIB

Jangan salah, Trenggalek di Jawa Timur punya Bukit Banyon untuk melihat panorama bak negeri di atas awan. Yang nanti bakal mudik ke sana, harus lihat langsung!

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.