Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Mar 2012 10:24 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Asyik! Air di Taman Narmada, Lombok Bikin Awet Muda

Putri Rizqi Hernasari
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Kolam Taman Narmada (dok. wenni cristina/dtraveller)
Kolam Taman Narmada (dok. wenni cristina/dtraveller)
detikTravel Community - Selain Taman Air Mayura, Lombok masih punya taman lain yang masih merupakan sisa peninggalan Kerajaan Karang Asem Bali, Taman Narmada namanya. Konon, air di kolam Taman Narmada bisa bikin awet muda. Penasaran?

Taman Narmada merupakan taman yang berfungsi sebagai tempat peribadatan dan ritual para raja. Taman ini berada di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 km sebelah timur Kota Mataram. Jika menggunakan kendaraan umum, waktu tempuh sekitar 20 menit. Sama seperti Taman Air Mayura, Taman Narmada merupakan objek wisata yang tidak bisa terpisahkan dari kejayaan Kerajaan Karang Asem saat berkuasa di wilayah Mataram.

Taman seluas 2 hektar ini pertama kali dibangun oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karangasem, sebagai tempat alternatif untuk upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka. Di samping menjadi tempat upacara, saat musim kemarau tiba, Taman narmada dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Karena masih menyimpan nilai sejarah itulah, Taman Narmada sangat menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Selain itu, yang menjadi daya tarik lebih Taman Narmada adalah kolamnya. Konon, air di kolam Taman Narmada bisa membuat awet muda lho! Tertarik dengan kepercayaan tersebut, para wisatawan yang datang pun akan menghabiskan waktu untuk berendam di kolam tersebut. Tak tanggung-tanggung, lama mereka berendam bisa mencapai 4 jam.

Ternyata, tak hanya wisatawan yang tertarik dengan air di kolam Taman Narmada, tetapi juga warga sekitar taman. Kebanyakan dari mereka akan mengambil air dari taman ini dan membawa pulang. Biasanya air digunakan untuk mandi, karena diyakini air tersebut dapat mengencangkan kulit-kulit tubuh yang kendor. Jadi, jangan heran saat mengunjungi taman ini, Anda akan melihat kolam yang dipadati pengunjung.

Penasaran dengan air yang dikatakan bisa membuat awet muda, penelitian tentang kandungan air pun dilakukan. Nah, dari penelitian, ternyata air dari sumber mata air pada taman ini memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Mungkin ini membuat siapa saja tampak segar setelah mandi menggunakan air di kolam Taman Narmada.

Eits, tapi jangan terpaku pada kolam ini saja saat datang ke Taman Narmada. Taman ini juga memiliki kawasan lain yang tak asyik untuk dikunjungi, yaitu Pura Kelasa.

Pura Kelasa adalah salah satu Pura Jagat tertua di Lombok. Pura yang namanya diambil dari nama Gunung Kelasa, merupakan replika Gunung Rinjani yang merupakan satu kesatuan dengan Kolam Segara Anak. Pura ini dibangun dengan berkiblat ke arah puncak Gunung Rinjani dengan danau Segara Anakan-nya.

Sampai saat ini, Pura Kelasa masih dimanfaatkan sebagai tempat pelaksaan Upacara Pujawali. Untuk masuk ke pura, pengunjung harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat agar seolah-olah menaiki Gunung Rinjani.

Selain tempat pelaksanaan ritual adat, Taman Narmada juga sebagai tempat rekreasi keluarga. Beberapa fasilitas tersedia antara lain watersport (olahraga air), outbond, kolam renang, panggung hiburan, dan deretan warung yang menjajakan kuliner khas yaitu sate bulayak dan nasi balap.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED