Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Mar 2012 15:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Kanawa, Mutiara Cantik di Tengah Lautan Flores

rossakusuma
detikTravel Community
Foto 4 dari 5
Ready for sea, sun and sand?
Ready for sea, sun and sand?
detikTravel Community -

Kanawa, pulau kecil yang begitu menawan dari Nusa Tenggara Timur. Berhias alam yang tenang, serta pantai, dan bawah lautnya yang indah memancarkan kecantikannya. Pulau ini terlihat bak mutiara yang berada di tengah birunya laut.

Pulau Kanawa merupakan pulau kecil yang terletak sekitar 10 km dari Labuan Bajo yang menjadi pintu gerbang Pulau Komodo. BIla ingin berkunjung ke Pulau Komodo, kita pasti melewati pulau ini. Pulau Kanawa sangat cocok untuk tempat bersantai, berjemur ataupun bersnorkeling dan diving.

Alam bawah lautnya sangatlah menawan. Kita tak perlu jauh-jauh mencari tempat snorkeling untuk dapat melihat terumbu karang, coral, school of fish, kura-kura, bintang laut, dan berbagai jenis anemon laut lainnya. Hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai kita sudah dapat menemukan semua keindahan itu. Di sisi kanan pulau ini juga masih terdapat sisa ganggang merah yang membuat di Pulau Kanawa ini sekilas terlihat berwarna pink. Jadi, tak hanya di Bahama, Indonesia juga memiliki pantai pink.

Bila ingin ke Pulau Kanawa, pengelola resort menawarkan shuttle boat gratis untuk para wisatawan dari Labuan Bajo. Untuk mengantar para tamu dari Labuan Bajo kapal disediakan pada pukul 12.00 WIT dan untuk mengantarkan kembali ke Labuan Bajo kapal siap dari Pulau Kanawa pada pukul 08.00 WIT. Namun, jika kita menginginkan waktu yang lebih fleksibel kita dapat menyewa kapal seharga Rp250.000,00. Untuk menjangkau pulau ini kita hanya memrlukan 1 jam saja perjalanan.

Di Pulau Kanawa terdapat 13 cottages yang berdesain minimalis tapi sangat romantis. Harga untuk standard room berkisar Rp300.000,00. Di setiap kamarnya terdapat kelambu dan hammock. serta untuk kamar mandinya memiliki konsep semi open bathroom.

Persediaan listrik dan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Dimana pengisian air bersih hanya terdapat satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Dan, untuk urusan listrik hanya bisa hidup dari pukul 18.00 WIT sampai 23.00 WIT. Namun, dengan adanya 'keterbatasan' ini di tengah malam kita dapat menyaksikan keindahan stargazing (rasi bintang) karena pulau tersebut benar-benar gelap gulita.

Tak hanya penginapan, di Pulau Kanawa juga terdapat restoran Starfish dan PADI diving center. Sekadar rekomendasi, makanan di restoran Starfish ini dikelola langsung oleh pihak resort. Menu seafood dan pizza-nya patut diacungi jempol, lho. Maklum, pengelola dari resort ini merupakan orang Italia. Dan, jika ingin mengeksplor kekayaan bawah laut Kanawa, terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkel dan juga diving di PADI diving center.

Pulau Kanawa memang sangat cocok untuk sejenak pergi dari penatnya rutinitas hidup. Tinggal di Pulau Kanawa serasa tinggal di pulau pribadi. Ketenangannya, air lautnya yang biru dan jernih, keindahan bawah lautnya, serta keramahan yang ditawarkan Pulau Kanawa membuatku selalu ingin kembali ke sana.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.