Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Mei 2014 10:24 WIB

D'TRAVELERS STORIES

3 Air Terjun Cantik di Kaki Gunung Ijen

Endah RH
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Berair jernih, Niagara Mini terlihat cantik
Berair jernih, Niagara Mini terlihat cantik
detikTravel Community - Saat liburan super panjang minggu depan nanti, cobalah main ke Gunung Ijen yang masuk Kabupaten Bondowoso. Jalur ke Kawah Ijen di Bondowoso melewati 3 air terjun cantik yang penuh pesona. Pas untuk destinasi liburan Anda.

Saat pulang dari wisata ke Kawah Ijen, lewatlah jalur yang menuju Kota Bondowoso. Memang lebih jauh dibandingkan jalur menuju kota Banyuwangi, namun kita bisa sekalian menikmati tiga air terjun cantik yang lokasinya berdekatan.

Dalam perjalanan pulang, setelah 20 menit berkendara dari Paltuding yang merupakan area parkir dan tempat istirahat bagi wisatawan sebelum menuju Kawah Ijen, pertama kita akan melewati Air Terjun Kali Pahit. Air terjun ini terlihat dengan jelas dari jalan, dan hanya perlu waktu tiga menit turun dari kendaraan menuju ke sana.

Tidak seperti air terjun pada umumnya yang aliran airnya nyaris tegak lurus, Air Terjun Kali Pahit bentuknya agak landai. Air mengalir di bebatuan yang bentuknya memanjang, membuat air terjun ini terlihat berbeda.

Airnya sendiri berwarna kehijauan dan dipenuhi busa. Informasinya, air yang mengalir di sini kandungan belerangnya sangat tinggi dan merupakan rembesan dari Kawah Ijen.

Air terjun kedua biasa disebut Niagara Mini, dengan tinggi sekitar enam meter dan bentuknya melebar. Untuk ukuran air terjun, jelas ini sangat pendek, namun panoramanya tak kalah indah dibandingkan dengan air terjun lainnya.

Niagara Mini mengalir dari sungai kecil yang berlokasi di sebuah taman. Lokasinya berada di samping Pabrik Pengolahan Kopi Arabika yang dikelola oleh PTP Nusantara XII atau tepatnya di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Untuk melihat air terjun ini, dari jalan desa, wisatawan masuk ke sebuah taman kecil, lalu menyeberang jembatan dan berjalan hingga ke ujung. Hanya perlu waktu dua menit untuk dapat melihat Niagara Mini dengan jelas.

Sementara itu air terjun ke tiga adalah Air Terjun Blawan, yang lokasinya berdekatan dengan Pemandian Air Panas Blawan. Jarak dari air terjun Niagara Mini tidak terlalu jauh, sekitar satu kilometer.

Namun sebaiknya wisatawan parkir kendaraan di sisi jalan yang tak jauh dari sebuah homestay. Bisa saja parkir di dekat lokasi parkiran air terjun, namun tidak disarankan karena jalannya berupa batu makadam yang rusak, medannya menurun dengan tikungan yang sangat tajam.

Dari pintu masuk menuju air terjun, kita jalan kaki sebentar kemudian naik tangga sekitar 5 menit. Setelah itu bersambung menuruni tangga dengan waktu yang sama, maka kita akan sampai ke lokasi. Tidak seperti air terjun lainnya yang bisa dilihat dari arah depan, air terjun Blawan hanya dapat dilihat dari sisi samping, yaitu dari sisi sebelah kanan.

Sedangkan sisi samping kiri dan bagian depan air terjun dibatasi tebing yang tinggi. Selain itu, kita pun tidak bisa menikmati air terjun hingga dasarnya, hanya dapat melihat dari bagian tengah air terjun.

Air berwarna kecoklatan terlihat mengucur dengan derasnya menghujam bumi. Tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung, mungkin karena jauhnya lokasi.

Jika berkunjung ke sini, di dekatnya terdapat kolam kecil yang menampung aliran air panas yang dialirkan lewat pipa paralon. Wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk mambasuh tangan atau kaki sebelum menikmati panorama Air Terjun Blawan.

Nah, bila Anda berkunjung ke Kawah Ijen, pulanglah lewat Bondowoso, sekalian menikmati Air Terjun Kali Pahit, Niagara Mini, dan Blawan.

Bisa juga sebaliknya, berangkat lewat Bondowoso dan menikmati 3 air terjun cantik terlebih dahulu sebelum menuju ke Kawah Ijen. Kemudian pulangnya lewat Banyuwangi untuk menikmati kuliner khasnya, serta berkunjung ke berbagai destinasi wisata di sana.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED