Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2015 14:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sedang Hit di Instagram! Bukit Jamur nan Unik di Gresik

Mas Edy Masrur
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Bukit Jamur
Bukit Jamur
detikTravel Community -

Bukit Jamur, begitu nama tempat yang berada di Kabupaten Gresik. Baru-baru ini banyak traveler yang mem-posting fotonya di media sosial, termasuk Instagram. Tempat ini memang punya fenomena alam yang unik!

Tempat ini berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Foto-foto yang beredar di media sosial membuat wisatawan penasaran untuk datang dan melihat fenomena alam ini dengan mata kepala sendiri.

Jangankan wisatawan, warga yang tinggal di sekitar tempat ini pun baru-baru ini tersadar ada fenomena Bukit Jamur. Jadilah Bukit Jamur lokasi wisata dadakan, dengan jumlah pengunjung yang tak bisa dibilang sedikit.

Bukit Jamur memang unik. Sesuai namanya, di bukit ini terdapat batu-batu besar berbentuk jamur. Bukan hanya satu atau dua, melainkan puluhan batu, beragam ukuran, tersebar di satu arel. Bebatuan ini benar-benar alami dan bukan buatan. Kabarnya, batu-batu ini semula terpendam di bukit kapur yang telah lama menjadi lokasi penambangan. Eksplorasi terus-menerus kemudian menyebabkan batu-batu ini muncul ke permukaan.

Lokasi Bukit Jamur sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Kota Gresik, jaraknya sekitar 20 km ke arah Pantura. Tersedia mikrolet jurusan Gresik-Dukun bagi Anda yang ingin 'ngeteng'. Dari Terminal Osowilangun Surabaya, Anda juga bisa naik bus jurusan Surabaya-Pacitan. Tak perlu khawatir tersesat karena kini, hampir semua orang Gresik kini tahu tentang Bukit Jamur.

Lahan Bukit Jamur ternyata milik pribadi seorang pengusaha. Banyaknya pengunjung kemudian direspons oleh si pemilik lahan dengan cara bekerja sama dengan pemerintah desa setempat. Agar proses penambangan tak terganggu, bukit ini dibuka untuk umum hanya pada hari Minggu, mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Setiap kendaraan dikenakan biaya masuk Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Siap-siap berbagi spot dengan banyak pengunjung jika ingin berfoto di sini!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED