Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Feb 2016 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jelajah 7 Air Terjun Cantik di Kuningan

Ilham Firdaus
detikTravel Community
Foto 1 dari 3
Curug Bangkong
Curug Bangkong
detikTravel Community - Kuningan di Jawa Barat memiliki banyak sekali air terjun. Kalau libur panjang di sana, setidaknya ada 7 air terjun yang asyik dijelajahi.

Gunung Ciremai memberikan berkah tersendiri bagi Kota Kuningan. Dengan keberadaannya membuat Kuningan kaya akan pesona alam. Salah satunya adalah dengan banyaknya air terjun atau curug. Berikut 7 curug yang berada di Kuningan:

1. Piknik bareng keluarga di Curug Sidomba

Curug Sidomba berada di kawasan objek wisata Sidomba. Kawasan ini meliputi bumi perkemahan, outbound, fauna seperti kera, burung, dan lain-lain, serta air terjun.

Selain itu ada juga saung-saung untuk sekedar berkumpul atau makan bersama, serta tersedia playground bagi anak-anak. Objek wisata ini sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Letaknya yang rendah mengharuskan berjalan dahulu menuruni puluhan anak tangga untuk menuju curug. Setelah itu melewati tepian sungai yang berisi ikan, di antaranya adalah ikan mas dan kancra bodas. Air terjun setinggi 3 meter ini merupakan air terjun buatan.

2. Mencari ketentraman di Curug Ceret

Air terjun ini lokasinya sebelum pos Cibunar, jalur pendakian Gunung Ciremai via Linggajati. Dari villa gajah barong membutuhkan waktu sekitar 15 menit menyusuri sawah menuju Curug Ceret.

Curug Ceret memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Aliran airnya kecil saat musim kemarau, tapi saat musim penghujan alirannya cukup deras sehingga dapat membuat badan basah meski jarak ke air terjun tidak dekat. Jika berada di sini suasananya sangat tenang dan menentramkan, karena tidak banyak yang tahu akan keberadaan curug ini.

3. Bertemu seorang putri berwujud air terjun di Curug Putri

Air terjun setinggi 20 meter ini masuk di kawasan bumi perkemahan Palutungan. Palutungan sendiri adalah salah satu jalur pendakian Gunung Ciremai.

Lokasinya yang merupakan hutan pinus yang membuat udara di sini sangat sejuk. Apalagi jika sudah berada di dekat air terjun, hawanya akan terasa sangat dingin.

Air terjun ini dinamai Curug Putri karena apabila difoto dengan mode long exposure akan terlihat seperti seorang putri yang menggunakan gaun berwarna putih.

4. Keindahan Curug Bangkong yang penuh misteri

Letak curug ini tidak jauh dari Waduk Darma, objek wisata danau buatan di Kuningan. Jadi jika pergi ke Waduk Darma bisa sekalian berkunjung ke Curug Bangkong. Air terjun ini belum di kelola dengan baik, terdapat bangunan toilet umum tapi kondisinya tidak terawat.

Untuk menuju curug harus berjalan melewati sawah atau bisa juga dengan sepeda motor. Air terjun ini lebar dan debit airnya deras. Di bawahnya terdapat kolam yang cukup besar dan dalam.

Curug Bangkong konon pernah digunakan seorang pertapa bernama Wiria. Warga meyakini Abah Wiria menghilang karena telah menyempurnakan ritualnya. Sepeninggalnya, di sekitar air terjun sering terdengar suara kodok, padahal sebelumnya tidak pernah. Maka dari itu air terjun ini dinamai Curug Bangkong (kodok).

5. Merasakan kesegaran Curug Sabuk sekaligus berendam

Lembah Cilengkrang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi, terutama oleh anak muda. Terdapat air terjun yang bernama Curug Sabuk yang airnya menyegarkan.

Lalu ada yang unik di sini, yaitu adanya sumber air panas yang mengalir di dekat air terjun. Sumber air panas itu ditampung dalam sebuah bak yang cukup besar, sehingga wisatawan selain bisa menikmati air terjunnya, bisa juga berendam di sumber air panas tersebut.

6. Keasrian Gunung Ciremai di Lembah Ipukan dan Curug Cisurian

Curug Cisurian berada di kawasan Lembah Ipukan. Objek wisata yang baru beberapa tahun dibuka ini letaknya tidak jauh dari Palutungan, Kuningan. Suasananya tenang dan jauh dari keramaian. Ipukan menawarkan kesejukan dan keasrian udara Gunung Ciremai.

Selain digunakan sebagai aktivitas outdoor ataupun berkemah, yang menjadi daya tarik adalah adanya Curug Cisurian. Masih harus berjalan sekitar 1,5 km untuk menuju curug, melewati rimbunnya hutan belukar.

Meskipun begitu, trek menuju curug sudah ada. Di sini juga terdapat kolam di bawah air terjunnya jika ingin menikmati kesegaran Curug Cisurian.

7. Basah-basahan di Curug Walet

Untuk yang satu ini masih tergolong baru bagi sebagian besar warga kuningan. Bersamaan dengan tenarnya Cadas Gantung, hal ini karena letak Curug Walet tidak jauh dari sana.

Meskipun harus berjalan dahulu, tapi tidak akan menyesal jika mengunjungi Curug Walet. Terdapat kolam di bawah curug sehingga dapat merasakan kesegarannya dengan mandi berbasah-basahan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED