Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Jan 2016 10:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Malang Punya 6 Taman Cantik

Ilham Firdaus
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Alun-alun Malang
Alun-alun Malang
detikTravel Community - Bukan cuma Bandung, Malang juga punya taman-taman yang cantik. Bisa jadi destinasi liburan, untuk menghirup udara segar, foto-foto sampai melepas penat.

Terlalu lama berada di kota kadang membuat penat, apalagi dengan rutinitas yang itu-itu saja. Jika sudah begitu pilihannya apalagi kalo bukan jalan-jalan untuk sekedar me-refresh pikiran. Pergi ke mal mungkin menjadi pilihan kebanyakan orang.

Tapi tahukah kamu bahwa di Malang ada tempat rekreasi yang menarik dan bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Ya, inilah taman kota yang bisa menjadi opsi lain ketika sedang jenuh dengan rutinitas. Berikut taman kota di Malang dan sekitarnya:

1. Alun-alun Kota Malang

Beberapa bulan lalu alun-alun kota Malang baru selesai di renovasi, dan hasilnya bisa dikatakan sangat baik. Dengan banyaknya fasilitas yang tersedia membuat warga Malang pun menjadi betah berlama-lama di taman.

Ada sarana bermain untuk anak-anak, skatepark buat yang punya hobi bermain skateboard, gazebo mini disetiap sudut taman kota, hingga ada pojok membaca  pada salah satu gazebo. Jika hanya ingin duduk-duduk saja telah disediakan kursi diberbagai titik atau bisa duduk lesehan di rumput di bawah teduhnya pepohonan. Dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan di alun-alun kota Malang ini.

2. Taman Tugu Balaikota Malang

Sesuai namanya, taman ini memilki sebuah monumen tugu dan letaknya berada di depan Balaikota Malang. Tugunya sendiri dikelilingi oleh kolam yang berisi ikan dan bunga teratai, serta air mancur disekitarnya. Selain itu, ditumbuhi banyak pepohonan dan rumput di taman ini, yang menjadikannya terlihat hijau.

Monumen tugu ini punya sejarah, dahulu masyarakat Malang mendesak untuk merubah struktur pemerintahan daerahnya dengan menjadikan orang Indonesia sebagai pimpinannya. Dilakukanlah peresmian tugu peringatan proklamasi kemerdekaan yang ditanda tangani oleh Dulaenowo selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, Mr. Soenarko selaku Residen Malang, dan AG Soeroto selaku ketua panitia pembangunan tugu yang dilakukan pada 17 Agustus 1946.

3. Taman Bentoel Trunojoyo

Taman Bentoel Trunojoyo atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Trunojoyo ini lokasinya berada di Jalan Trunojoyo dan berdekatan dengan stasiun Kota Baru Malang. Taman ini difungsikan sebagai tempat bermain dan rekreasi keluarga. Diresmikan oleh Walikota Malang, Bapak Moch. Anton pada 1 Juni 2014.

Tersedia sarana bermain untuk anak-anak, seperti ayunan, taman pasir dan air mancur yang bisa digunakan untuk mandi anak-anak. Lalu tersedia juga perpustakaan, gazebo dan juga difasilitasi free wi-fi. Selain itu terdapat banyak kuliner yang dijual oleh para pedagang kaki lima.

4. Taman Merbabu

Taman yang satu ini juga masih tergolong baru di Malang, diresmikan pada tanggal 14 Juni 2014 oleh walikota Malang. Taman Merbabu dibuat yang berfungsi sebagai taman keluarga dan sebagai ruang terbuka hijau. Letaknya berada di jalan Merbabu.

Berbagai fasilitas yang bisa dinikmati secara cuma-cuma di taman ini antara lain sarana olahraga seperti lapangan futsan mini dan jogging track, lalu sarana bermain anak seperti ayunan, jungkat-jungkit dan perosotan. Hingga terdapat taman bacaan serta Wi-Fi gratis.

5. Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari atau biasa disebut hanya dengan Taman Merjosari ini letaknya berdekatan dengan Pasar Dinoyo. Taman ini memiliki luas sekitar 29.012 m2.Pemandangan dari taman ini cantik karena mendapatkan landscape Gunung Kawi, Butak dan Panderman atau sering disebut juga sebagai Pegunungan Putri Tidur.

Fasilitas yang dimiliki Taman Merjosari cukup bervariasi. Playground untuk anak-anak sudah menjadi hal yang wajib, karena tersedia di setiap taman kota di Malang. Lalu ada foot therapy, tersebar gazebo yang cukup banyak dan juga terdapat jogging track. Yang menarik, di taman ini tersedia wahan sepeda udara.

6. Alun-alun Kota Batu

Dan yang terakhir berada di Kota Batu, yaitu Alun-alun Kota Batu. Alun-alun ini menjadi ikon Kota Batu. Di sini akan sangat ramai ketika malam hari, terutama di akhir pekan. Banyak anak muda hingga orang dewasa yang datang untuk berekreasi, apalagi letaknya yang berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau.

Sama seperti taman-taman sebelumnya, alun-alun Kota Batu juga memiliki sarana playground bagi anak-anak dan banyak pedagang kaki lima yang berjualan jajanan murah di sekitar taman. Dan yang membuat alun-alun ini unik dan berbeda dari yang lain adalah keberadaan Bianglala di tengah taman. Hanya dengan 3000 rupiah bisa melihat keramaian taman dari ketinggian.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED