Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Apr 2014 19:08 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneh Tapi Nyata, Ada Pantai Berpasir Kaca di California

Afif Farhan
Redaksi Travel
Inilah bebatuan kaca di Glass beach, California (Youtube)
Inilah bebatuan kaca di Glass beach, California (Youtube)
Fort Bragg - Pantai berpasir putih atau berpasir hitam, itu sudah biasa. Di California, AS Anda akan menemukan pantai yang pasirnya adalah bebatuan kaca. Aneh tapi nyata, tapi pantai bernama Glass Beach ini sungguhan ada di dunia!

Bisa jadi Anda geleng-geleng kepala tidak percaya. Glass Beach yang sesuai namanya berarti pantai kaca, berada di Taman Nasional MacKerricher, dekat Kota Fort Bragg, California. Dilongok dari situs CNN Travel, Rabu (23/4/2014) ternyata ada sejarah panjang tentang bebatuan kaca di pantainya.

Pada awal abad ke-20, pantai seluas 150 ribu meter persegi itu ternyata jadi tempat pembuangan sampah dari penduduk di Kota Fort Bragg. Mereka membuang sampah apapun ke sana, seperti kaca, peralatan dapur, bahkan hingga mobil bekas yang ditinggalkan begitu saja.

Bahkan, pemerintah kota setempat pernah menutup pantainya karena sudah penuh dengan sampah pada tahun 1960-an. Pemerintah menutupnya untuk membersihkan sampah yang menggunung di sana.

Setelah itu, suatu fenomena alam yang tak diduga terjadi. Ombak di sekitar pantai mengubah sampah gelas, kaca dan botol menjadi bebatuan dengan kurun waktu bertahun-tahun. Tak ada yang menduga hal ini sama sekali!

Bebatuannya pun berwarna-warni dan sangat indah. Oleh karena itulah, pantai yang dulunya adalah tempat pembuangan sampah sudah berubah nama Glass Beach. Pantai yang cantik dengan pasirnya yang berupa bebaruan kaca. Bebatuannya juga tidak tajam, melainkan pipih dan lembut. Apalagi bebatuannya berwarna-warni.

Bebatuannya ada yang berwarna putih, hitam, kuning, merah, dan masih banyak lagi. Tak hanya di tepian pantai, tapi bebatuan berwarnanya juga ada di bawah permukaan air laut.

Traveler yang datang bisa datang langsung ke pantai untuk melihat bebatuan kacanya. Ingat, karena Glass Beach adalah bagian dari Taman Nasional MacKerricher, maka Anda dilarang mengambil bebatuan kaca di sana untuk dibawa pulang.

Glass Beach memang punya pesona yang lebih dari pasir pantai putih. Ambillah pasirnya segenggaman tangan, lihatlah bebatuan kaca berwarna-warni yang cantik. Saat siang hari, pemandangan bebatuan kacanya lebih jelas terlihat dan lebih memesona. Pantai ini, seperti dari negeri dongeng saja...

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED