Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Agu 2017 18:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rumah Spongebob di Dunia Nyata

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Big Pineapple di Bathurst, Afrika Selatan (Kate Whitehead/CNN)
Foto: Big Pineapple di Bathurst, Afrika Selatan (Kate Whitehead/CNN)
Bathurst - Ada kembaran rumah SpongeBob di Afrika Selatan. Bahkan bangunan berbentuk nanas itu disebut-sebut sebagai nanas buatan terbesar di dunia.

Bukan nanas biasa, ini nanas raksasa di Summerhill Estate, pinggiran kota Bathurst, Eastern Cape, Afrika Selatan. Sekitar 912 km dari Cape Town, Ibu Kota Afrika Selatan. Memang bukan nanas sungguhan melainkan bangunan yang berbentuk nanas raksasa. Bangunan tersebut dikenal dengan sebutan The Big Pineapple.

Ditengok detikTravel dari situs pariwisata Afrika Selatan, Selasa (22/8/2017), The Big Pineapple didirikan antara tahun 1990 dan 1992. Pembangunannya dilakukan setelah beberapa petani lokal pergi ke Sunshine Coast di Australia, di mana mereka melihat bangunan nanas raksasa dan terinspirasi untuk membuatnya di Bathurst.

Tinggi bangunan nanas ini mencapai 16,7 meter. Lebih besar 70 cm dari yang ada di Australia. Tak ayal, The Big Pineapple pun disebut-sebut sebagai bangunan berbentuk nanas terbesar di dunia.

(southafrica.net)(southafrica.net)
Nah kawasan tempat didirikannya The Big Pineapple sendiri merupakan area perkebunan nanas. Sebagai informasi, Bathurst merupakan salah satu penghasil nanas terbesar di Afrika Selatan.

Bangunan nanas itu juga dibangun sebagai salah satu bentuk penghargaan dan rasa syukur atas tumbuh suburnya nanas di sana, yang menjadi ladang penghasilan bagi penduduk setempat.

The Big Pineapple pun menarik perhatian turis yang tengah liburan di Bathurst. Traveler yang berkunjung tak hanya bisa foto-foto berlatar nanas raksasa dari luar, tapi bisa juga menikmati aktivitas di dalamnya.

Ada auditorium dengan 60 kursi, di mana traveler dapat menyaksikan film dokumenter tentang industri nanas. Di lantai dua dan tiganya, dipajang benda-benda terkait pertanian lokal serta hewan dan kehidupan burung di sekitar sana.

Masih di lantai tiga, ada pula dek observasi yang menyajikan pemandangan cantik dari alam sekitar. Kalau masih ingin menjajal aktivitas lainnya, bisa menuju ke perkebunan nanas dan keliling naik traktor para petani. Asyik kan!

The Big Pineapple terbuka buat kunjungan traveler setiap hari pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Namun saat musim dingin jam bukanya hanya sampai pukul 16.00. Tak jauh dari si nanas raksasa ini, ada aneka objek wisata lain yang dapat dikunjungi seperti Bathurst Agricultural Museum serta Moyapark Bird Reserve. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.