detiktravel

Bus Tingkat Wisata Werkudoro

Oni Sintia Susiani - d'Traveler - Rabu, 12/10/2011 15:57:00 WIB
detikTravel Community -  

Awalnya cuma jalan jalan pagi saja di sekitar GOR Manahan Solo saat berakhir pekan di Solo (9 Okt 2011), untuk berburu jajanan dan nasi liwet . Eh kok pas lewat kantor Dishub deket sana, kelihatan ada Bis Tingkat Merah Menyala parkir di dalam. Iseng lihat jadwalnya, lha kok pas yaa ada pukul 09.00 dan pukul 12.00. Kids juga kelihatannya minat banget nyobain naik bis ini. Akhirnya setelah nanya nanya, dapet tiketnya untuk ber-4 di jam 12 siang karena yang jam 9 sudah habis terjual. Jadilah kita balik ke hotel dulu, setelah sebelumnya foto foto dulu di depan bis merah  yang dinamai "Werkudara" ini mandi dan mengunjungi pasar Triwindu sejenak sebelum akhirnya pukul 11.25 sudah merapat ke kantor Dishub lagi.

Harga tiket per orang sebesar Rp20.000,00 lumayan murah buat trip keliling kota Solo selama 2 jam. Bus diberangkatkan dari halaman kantor dishub pukul 12.15 menit, perlahan lahan menyusuri kota Solo. Sepanjang perjalanan, kita ditemenin suara merdu sang pemandu , menerangkan sekilas mengenai lokasi yang dilewati. Seperti kampung batik Laweyan, Stasiun Kereta Api, rumah dinas Walikota Solo, Gedung BI dllsb Dalam perjalanan, bis berhenti dua kali, yaitu di ujung jalan Slamet Riyadi, tepatnya di samping patung sang pejuang ini, dan di Taman Hewan Jurug.

Di perhentian pertama, begitu bis parkir langsunmg dideketin bakul bakul minuman sejuk. Anak-anak pun berpesta eskrim sementara ayah minta dibelikan gorengan. Sempet ngiler sama penjaja wedang ronde yang mangkal, tapi takut waktunya nggak cukup karena cuma sekitar 10 menit saja berhenti. Pada perhentian ke-2 di taman Jurug, seharusnya posisi duduk bergantian. Pnumpang yang tadinya duduk diatas diharapkan pindah ke bawah untuk memberi kesempatan pada penumpang yg tadinya duduk di bawah supaya bisa menikmati pemandangan juga. eeh lhadalah ternyata banyak yang ogah naik, alesannya di atas "panas" karena terbuka tanpa AC, sementara di bawah sejuk. duileee, aneh yaa?? Akhirnya kami ber-4 naik lagi ke kursi atas, malah bersyukur soalnya rute balik kan beda sama rute berangkat jadi pemandangannya beda. Kalau mau njajan di perhentian kedua ini, ada penjaja Es Kelapa Muda lhoo, pas banget buat pelepas dahaga siang siang klo dapet trip yang pukul 12.00.

Di perjalanan pulang sempat terjadi kehebohan karena saat bis berjalan pelan melewati pohon jambu di tepi jalan  yang sedang berbuah, penumpang yang duduk di atas terutama bagian belakang, rame rame pada mengulurkan tangan ngambilin jambu air yang masih hijau itu.

Perjalanan pulang masih diberi "bonus" ikut ke SPBU Balekambang. Wheew, penumpang di dek atas diminta turuuun. Rupanya bis harus "diganjal" supaya miring pas proses pengisian bahan bakar. Kalau tetep di atas, serem kali ya busnya miring gitu. Jam 14.30 kami merapat kembali di Kantor Dishub. Puas rasanya. Kids juga senang dan sampai di Semarang pun masih berulang ulang menyatakan kepuasan mereka.

Tips saya, buat yang bawa anak, jaga supaya nggak terlalu aktif terutama di tangga turun naik. Cukup bahaya juga kalo ada yg jatuh. Kejadian kemarin ada 2 anak yang cukup aktif sampe ngetok ngetok kamera pengawas dan ditegur pemandunya.

Penting juga, buat yang bawa snack untuk dikosnumsi selama perjalanan, harap sediakan kantung plastik buat membuang sampahnya. Di bis disediakan tempat sampah tapi letaknya tidak berdekatan dengan tempat duduk penumpang jadi daripada bolak balik buang sampah, lebih baik ditampung dulu. Dan tolong yaaa jangan buang sampahnya di lantai. Banyak anak kecil menumpang, berikan mereka contoh yang baik.

Untuk anak kecil disarankan tidak ditempatkan di sisi jendela terbuka karena selain pagar pengamannya cuma berupa rail, kadang ada ranting-ranting pohon yang mengenai penumpang.

Tapi overal, kami puas bisa berwisata dengan bus Werkudara. Pelayanan dari ticketing sampai selesai amat sangat memuaskan. Kami pasti akan berwisata lagi bila mengunjungi Solo di lain waktu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com