detiktravel

Gowes Santai ke Curug Cigentis, Karawang

Danu Hermawan - d'Traveler - Kamis, 15/12/2011 09:49:00 WIB
detikTravel Community -  

Kami berkumpul di McD Cibubur tepat jam 7 pagi.Saya, Danu, drg. Hermanto, dr. Albert, nte Utie, Nte Beti, dan Nte Dewi loading untuk memulai perjalanan gowes santai ke Curug Cigentis, Karawang. Tepat pukul 7.30 rombongan kecil ini bergerak menyusuri jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi.

Regroup sebentar di pintu gerbang perumahan Kota Wisata untuk bertemu dengan Om Adam (IDDT), Om Jana (CFB), dan Om Sudar. Sementara Nte Utie memisahkan diri terlebih dahulu di Cibubur Plaza karena alasan pekerjaan.

Kembali rombongan kecil ini melanjutkan perjalanan menuju pasar Cileungsi yang sudah sangat padat sampai di pintu gerbang tempat wisata Mekarsari. Selepas Mekarsari, perjalanan relatif lancar dari hambatan kemacetan.

Sempat beberapa kali regroup di antaranya di depan terminal Jonggol untuk loading minum dan makan snack serta buah-buahan. Perjalanan dilanjutkan dibawah terik matahari pagi yang tidak terlalu menyengat. Cukup bersahabat cuaca pada hari itu.

Kurang lebih 2 jam sudah kami gowes, tibalah kami diperempatan Pasar Cariu-Pasar Loji-Cariu kota dan Cianjur. Kami belok kiri menuju Pasar Loji, Karawang.

Jalan menuju Pasar Loji relatif mulus dan menempuh jarak kurang lebih 15 km dari perempatan pasar Cariu. kontur yang cenderung datar kami manfaatkan untuk mempercepat gowesan. walau sempat beberapa kali berhenti untuk foto-foto diatas jembatan yang beberapa kali kami jumpai sepanjang perjalanan.

Sesampainya kami di Pasar Loji, Karawang, kedatangan kami disambut oleh rintik hujan gerimis. Kami mengambil jalan belok kekiri untuk menuju area wisata Curug Cigentis. Kontur jalan mulai menanjak begitu kami belok kiri. Jalan menanjak sepanjang lebih dari 3km.

Waktu menunjukkan pukul 12.30 siang, kami putuskan untuk makan siang disalah satu rumah makan khas sunda sebelum pintu masuk Curug Cigentis. Kami makan siang dan istirahat serta sholat di retoran ini. Rumah makan yang cukup bersih dan baik untuk ukuran rumah makan dipelosok yang juga dilengkapi oleh taman bermain dan kolam renang didalamnya.

Setelah kenyang makan siang dan beristirahat, jam 2.30 kami lanjutkan perjalanan kami. Sayangnya, salah satu Road Captain (RC) kami Om Adam harus kembali ke Jakarta karena urusan keluarga. Maka perjalanan kami lanjutkan minus om Adam.

Jalan menanjak sepanjang 3km kearah curug cukup mulus sampai sebelum area bermain Waterboom jalan mulai rusak dan sedikit berlumpur sepanjang 1km, setelah itu 2km jalan mulus kembali.

Sepeda terpaksa kami tinggal/titipkan diparkiran karena kondisi jalan dan kontur jalan yang tidak memungkinkan kami untuk gowes ke atas. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki ke atas pegunungan Sanggabuana yang berjarak 3km untuk mencapai Curug cigentis. Dibutuhkan 1 jam jalan kaki (hiking) untuk tiba di Curug Cigentis.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 8000,- kami lanjutkan hiking kearah curug yang tinggal berjarak 300mtr dari pintu tiket. Seketika hilang rasa lelah dan penat kami setelah melihat keindahan Curug Cigentis ini. Kami berfoto-foto sebentar dan berkemas kembali ke Cibubur karena hari yang sudah mulai sore.

Kami lanjutkan perjalanan pulang dengan menyewa bak terbuka menuju McD Cibubur. Perjalanan menuju Curug Cigentis menempuh jarak sekitar 60 km bila gowes dari Mc D cibubur dan 3km hiking dan memakan waktu 8 jam (termasuk istirahat dan lain-lain).

Mudah-mudahan dapat menjadi referensi pembaca untuk melakukan gowes wisata ke Curug Cigentis di Kabupaten Karawang.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com