detiktravel

Basah-Basahan di OPI Water Fun Jakabaring, Palembang

Adrian Fajriansyah - d'Traveler - Jum'at, 16/12/2011 14:06:00 WIB
detikTravel Community -  

OPI (Ogan Permata Indah) Water Fun merupakan wahanan bermain air terbaru di kota Palembang. Tahun 2011 adalah tahun pertama saranan bermain keluarga ini dibuka. OPI Water Fun terletak di daerah yang sangat pesat perkembangnnya di Kota Palembang, yaitu daerah Jakabaring. Saranan rekreasi keluarga satu ini menyediakan tempat bermain air yang cukup lengkap dan memiliki fasilitas yang baik. Boleh dikata ini merupakan sarana bermain air yang terbaik di Palembang saat ini. Di sini kita bisa merasakan sensasi bermain air dari yang paling menyenangkan hingga yang paling menegangkan. Bagi anda yang memiliki nyali yang cukup dapat merasakan sensasi terjun dari ketinggian kurang lebih 5 meter dengan perosotan air melewati liukan-liukannya yang bagaikan ular itu hingga tercebur dengan hentakan yang keras ke kolam air yang ada di bawahnya.

Sedangkan untuk Anda yang kurang bernyali dapat menikmati permainan air yang lebih santai dengan bersandar di atas roda pelampung yang kemudian terbawa arus dengan tenang di kolam arus yang menyenangkan. Anda juga bisa bersenang-senang di kolam air yang tidak terlalu dalam kurang lebih 1,5 meter kedalamanya sehingga tidak perlu takut untuk bermain di sana bagi Anda yang tidak dapat berenang seperti saya. Lalu bagaimana dengan sang buah hati Anda? Anak-anak tidak perlu takut tidak kebagian tempat bermain yang mengasikan karena tempat ini menyediakan area bermain air khusus untuk sang buah hati yang tentunya aman dan nyaman untuk dimainkan. Untuk anak-anak di sini ada kolam air khusus anak, prosotan air mini khusus anak, dan bermacam-macam permainan khusus anak yang akan membuat sang buah hati Anda gembira berada di OPI Water Fun ini. Bagi orang tua tidak perlu malu untuk berada di area anak-anak karena di area itu terdapat ember raksasa dengan kapasitas air yang cukup besar yang akan membasahi anda dengan menyenangkan setiap 5 menit sekali.

Sarana dan fasilitas di OPI Water Fun cukup memadai. Di sini ada loker tempat penitipan barang yang terbagi dua untuk pria dan wanita yang aman, ada pula kamar mandi yang bersih untuk anda yang ingin membersihkan tubuh setelah puas bermain dan di sini juga ada kantin yang menjual makanan ketika anda lapar dan sudah waktunya untuk makan, mulai dari pempek, bakso, mi rebus hingga nasi goreng ada di kantin ini.

Demikianlah refrensi saya mengenai tempat bermain keluarga terbaru di Kota Palembang semoga dapat memberikan opsi bagi keluarga anda untuk menghabiskan waktu bersama diakhir pekan.

Tips Untuk Ke OPI Water Fun

Bagi Anda yang berminat ke OPI Water Fun tidak perlu takut tersesat untuk ke sana karena tempat ini berada di pinggir jalan yang sangat mudah untuk ditemui.

 

  1. Saranan transportasi untuk ke OPI Water Fun: Kebetulan untuk saat ini tidak ada kendaraan umum yang bisa membawak anda menuju daerah rekreasi ini sehingga hanya kendaraan pribadi atau sateran saja yang dapat ke sana. Namun, kita harapkan kedepannya akan segera ada rute kendaraan umum yang menuju daerah tersebut.
  2. Rute ke OPI Water Fun: Dari Simpang 4 lampu merah Jakabaring terus saja mengikuti jalur jalan protokol yang lurus hingga melewati stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring anda tetap terus saja kurang lebih 200 meter dari stadion letak OPI Water Fun berada.
  3. Biaya masuk OPI Water Fun: Untuk hari Senin–Jumat adalah Rp40.000,- per orang dan hari Sabtu–Minggu adalah Rp50.000,- per orang.
  4. Untuk menyewa loker anda perlu menyiapkan biaya Rp10.000,- per loker.
  5. Untuk menikmati kolam arus ataupun saranan bermain lain yang memerlukan roda pelampung Anda harus menyiapkan biaya Rp5.000,- per buah.
  6. Siapkan bodylotion atau kream surya untuk proteksi kulit tubuh anda karena daerah tersebut cukup panas dan terik sehingga bila terlalu lama bermain tanpa dibaluri bodylotion tubuh anda akan terbakar dan menghitam.
  7. Siapkan pakaian lengan panjang atau setidaknya anda bermain dengan menggunakan pakaian tertutup agar tubuh Anda aman dari sengatan matahari yang panas dan terik.
  8. Perlu diingat di tempat ini tidak boleh membawak makanan dari luar karena akan ada pemeriksaan digerbang masuk sehingga percuma saja makanan yang anda bawak tidak dapat untuk disantap di sana.
  9. Berhati-hatilah dengan pencurian, lebih baik berjaga-jaga dari pada menyesal kemudian. Amankan barang Anda masing-masing dari segala macam kemungkinan kriminal.

 

Danau OPI

Apabila Anda merasa kurang puas bermain air di OPI Water Fun dan anda ingin merasakan sensasi bermain air yang lebih dahsyat anda dapat pergi ke danau buatan yang masih terletak di daerah OPI (Ogan Permata Indah) tidak jauh dari OPI Water Fun. Di danau OPI anda dapat menikmati sensasi terhempas dan tercebur di danau buatan ini dengan menyewa banana boat yang terdapat di danau tersebut. Bagi Anda yang tidak ingin berbasah-basahan dapat menyewa angsa-angsaan yang dapat dinaiki berdua dengan pasangan Anda dengan mesrah di atas danau tersebut.

Danau OPI adalah danau buatan yang tadinya dibuat untuk dijadikan salah satu tempat diselenggarakannya PON 2004 di Palembang. Namun setelah PON berakhir tempat ini tetap menyita perhatian karena airnya yang jernih dan bersih membuat banyak orang tertarik datang dan bermain di sana sehingga sekarang danau buatan tersebut menjadi salah satu tempat rekreasi di kota Palembang. Di sekitaran danau buatan ini banyak terdapat penjual jagung panggang dengan harga Rp3.000,- per buah untuk teman anda menikmati keindahaan danau tersebut ketika berada di sana.

Waktu terbaik berada di danau OPI adalah dikalah senja karena saat senja tempat ini tidak terlalu panas dan Anda dapat melihat sunset yang indah di sana.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com