Natal di Kota Kelahiran Yesus

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Senin, 19/12/2011 13:32:23 WIB
detikTravel Community -  

Bethlehem di Palestina yang merupakan kota kelahiran Yesus Kristus, memiliki perayaan Natal yang khas dan religius. Ada misa malam Natal di Gereja Nativity. Tidak hanya itu, Anda bisa ikut berwisata rohani ke beberapa gereja terkenal di Yerusalem. Jika merayakan Natal di kota ini, umat Kristiani merasa semakin dekat dengan Sang Juru Selamat.

Secara umum, tradisi perayaan Natal di Bethlehem sama dengan perayaan di Eropa dan Amerika Utara, yaitu dengan mengadakan festival. Jika berkunjung ke kota ini beberapa hari sebelum Natal, Anda akan melihat kota mulai ramai dihias dengan berbagai bendera, umbul-umbul, dan ornamen lainnya. Jalanan akan dihiasi aneka cahaya lampu warna warni khas Natal. Anda juga bisa berbelanja di pasar Natal dan menikmati pertunjukkan drama Natal yang dipentaskan. Salib-salib dan gambar adegan kelahiran Yesus akan terpasang di setiap rumah penduduk Kristen di Bethlehem.

Dari holidayspot.com, Senin (19/12/2011), saat malam Natal tiba, Anda bisa menyaksikan parade malam Natal yang rutin dilakukan tiap tahun. Biasanya, warga dan wisatawan akan memadati Bethlehem untuk melihat parade prosesi kelahiran Yesus Kristus.

Umat Kristiani di Bethlehem menganut sejumlah aliran yang berbeda, seperti Katolik, Protestan, Orthodoks, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat Natal tidak hanya dirayakan pada tanggal 25 Desember saja. Untuk para penganut Katolik Roma dan Protestan, mereka merayakan pada tanggal 25 Desember. Sementara itu, Kristen Orthodok, Suriah, dan lainnya merayakan pada tanggal 6 Januari. Bagi orang Kristen Armenia, Natal dirayakan pada tanggal 18 Januari. Oleh karena itu, jika berencana merayakan Natal di kota ini, atmosfer Natal akan terus terasa hingga akhir bulan Januari.

Untuk Anda yang merayakan Natal pada tanggal 25 Desember, jangan ragu-ragu untuk datang ke Bethlehem. Di sana, Anda bisa melakukan misa Natal mulai tanggal 24 Desember di Gereja Santo Catherine bersama dengan para penganut Katolik roma. Gereja Santo Catherine adalah sebuah gereja yang letaknya berdekatan dengan Basilika Nativity.

Untuk Anda penganut Protestan, datanglah ke misa Natal di gereja lokal bersama penganut Protestan di Bethelehem. Selain itu, Anda juga bisa ikut pelayanan khusus Natal di Gereja Nativity bersama penganut Protestan yang lain. Tidak hanya itu, Anda pun bisa merayakan malam Natal dengan berwisata rohani ke beberapa gereja terkenal di Yerusalem, seperti Katedral Anglikan Santo George dan Gereja Lutheran Sang Penebus, bersama dengan Young Men's Christian Association (YMCA). Asyik kan?

Suasana religius akan semakin terasa ketika para penganut Kristen Orthodok memulai perayaanya. Berbagai prosesi keagamaan diselenggarakan untuk menyambut hari kelahiran Yesus. Biasanya, mereka akan melaksanakan pelayanan khusus di Basilika, seperti yang dilakukan para penganut Kristen Armenia.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com