detiktravel

Situ Bagendit

detikTravel - d'Traveler - Rabu, 04/01/2012 14:30:00 WIB
detikTravel Community -  

 

Legenda Situ Bagendit sudah tidak asing lagi di telinga. Masihkan ingat saat SD, tentang cerita sorang waita bernama Nyai Bagendit, dirinya memiliki paras yang cantik dan harta yang berlimpah. Kemudian dirinya ikut tenggelam bersama hartanya saat banjir bandang melanda desa tempat tinggalnya. Sisa dari banjir bandang tersebut konon menjadi sebuah danau yang dikenal dengan Situ Bagendit.

Objek wisata yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini memiliki pemandangan alam yang sangat menarik. Danau yang besar dengan latar belakang pegunungan yang tinggi terselimut awan dibagian atasnya memang sangat memesona. Rakit warna-warni dan perahu-perahu kecil berbentuk angsa dan kano siap mengantar wisatawan yang ingin berkeliling danau.

Perairan yang berhias bunga teratai tampak semakin indah. Beberapa wisatawan juga mengadu nasib dengan melemparkan kail-kail pancingan mereka ke danau untuk berburu ikan. Selain itu, banyak wisatawan yang hanya sekadar bersantai  sambil menyantap makanan di bawah pepohonan rindang. Di satu sisi juga terlihat kereta api mini yang berwara-wiri membawa pengunjung mengitari danau.

Objek wisata ini akan lebih banyak lagi menyedot pengunjung bila pengelolaanya diatur lebih baik lagi. Karena Situ Bagendit memiliki panorama yang sangat menarik, terloebih lagi saat matahari terbit dan tenggelam, penampakan alam berwarna jingga memberikan kekaguman yang sangat untuk yang melihatnya.

Untuk menuju objek wisata yang satu ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Wisatawan bisa melalui rute Jalan Kyai Haji Hasan Arif. Perjalan dari Jakarta bisa langsung menuju Garut, Jawa Barat. Kemudian ke arah barat menuju Jalan Margawati-Cimuncang, terus sampai di Jalan Ciledug menuju Jalan Kyai Haji Hasan Arif sampai Ke Kecamatan Banyuresmi. Setelah sampai di Banyuresmi, perjalanan dilanjutkan kembali ke Desa Bagendit.

[Desi Puspasari]

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Provinsi Jawa Barat

Jln. RE Martadinata 209, Bandung

Telepon  : (022) 7271385, 7273209, dan 7234654

Website  : http//www.westjava-indonesia.com

Email    : disbudpar@wetjava-indonesia.com

 

 

Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com