Danau Dendam Tak Sudah

detikTravel - d'Traveler - Senin, 09/01/2012 16:18:00 WIB
detikTravel Community -  

Dari namanya saja danau ini sudah bisa mengambil perhatian para traveler. wisata alam ini dinamakan sebagai Danau Dendam Tak Sudah. Namanya memang tidak sewajar danau lainnya, menyeramkan dan pastinya meninggalkan tanda tanya. Mengapa dinamakan Danau Dendam Tak Sudah?

Menyundul dari namanya saja, konon dibalik danau ini terdapat kisah di dalamnya. Nama "Dendam Tak Sudah" di ambil berdasarkan cerita tentang muda-mudi yang mengikat janji sehidup semati. Akan tetapi, kisah cinta mereka terhalang oleh orangtua si gadis yang tidak setuju dengan hubungan mereka.

Gadis tersebut dijodohkan, tetapi ia tidak dapat berpaling. Kemudian keduanya memutuskan untuk bunuh diri bersama dengan cara menyeburkan diri ke danau. Konon sejak kejadian itu di dalam danau terdapat dua ekor lintah besar, yang dianggap sebagai jelmaan pasangan itu.

Danau Dendam Tak Sudah terletak di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Teluk Segara, Kecamatan Selebar, dan Kecamatan Talang, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Lebih tepatnya berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Bengkulu. 

Danau seluas 577 hektare ini konon terdapat gunung berapi. Di kawasan cagar alam ini juga terdapat anggrek pensil, anggrek matahari, bakung, nipah, pulai, ambacang rawa, terentang, plawi, brosong, gelam, pakis, dan sikeduduk. Harus diketahui bahwa anggrek pensil diyakini hanya tumbuh di kawasan ini.

Selain floranya, ditempat ini juga terdapat fauna langka. Wisatawan bisa menemukan lutung dan kera ekor panjang yang bergelantungan di pepohonan. Atraksi ini tentunya juga memberikan daya tarik bagi wisatawan. 

Semua keuinikan yang ada di danau ini juga didukung oleh keindahan alam yang memesona. Mengandung potensi sebagai keseimbangan ekosistem dan kelestarian ekologi. 

Banyak hal yang bisa membuat wisatawan betah berlama-lama di danau ini. Wisatawan juga bisa menyaksikan permukaan danau yang terlihat kemerahan. Serta atraksi matahari terbit. Selain itu, wiatawan juga bisa berperahu ria menggunakan rakit ke seluruh penjuru danau sambil memancng.

Akses menuju Danau Dendam Tak Sudah sangat mudah. Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Kota Bengkulu ke arah Kota Curup. Wisatawan bisa menggunakan mobil atau bus jurusan Bengkulu-Danau Dendan Tak Sudah dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Satu lagi, selain untuk wisata, danau ini juga dimanfaatkan sebagai daerah tangkapan air. Dan, bisa juga dijadikan wisata minat khusus untuk melakukan pendidikan dan penelitian, lho.

[Desi Puspasari]

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Provinsi Bengkulu

Jln. P. Tendean No. 17, Kota Bengkulu

Telepon  : (0736) 21272, 342200

Faksimile: (0736) 342200


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com