Mengenal Gunung Api di Museum Gunung Api Batur, Bali

Afif Farhan - d'Traveler - Rabu, 18/01/2012 16:16:36 WIB
detikTravel Community -  

Gunung setinggi 1.717 meter ini merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia. Di sekitar Gunung Batur, terdapat Danau Batur yang indah dan juga masyarakat Trunyan yang hidup di sekitar kaki gunung. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, gunung ini, konon merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang berada di Pulau Jawa.

Museum Gunung Api Batur terletak di Taman Wisata Alam Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Museum ini berjarak 60 kilometer dari Denpasar. Museum yang diresmikan pada 10 Mei 2007 lalu, memiliki panorama yang indah dan udara yang sejuk. Selain berwisata, Anda juga dapat belajar lebih dalam tentang ilmu geologi di museum ini.

Di dalam museum, terdapat aneka jenis batuan yang berasal dari gunung berapi serta penjelasannya. Lalu juga terdapat beberapa peralatan yang digunakan ilmuwan untuk meneliti gunung berapi. Serta foto-foto Gunung Batur dan beberapa gunung berapi yang ada di Indonesia serta penjelasannya. Selain itu, mitologi yang bersangkutan dengan Gunung Batur, juga dijelaskan di museum ini. Segala hal yang berhubungan dengan gunung berapi, dapat Anda lihat dan pelajari di Museum Gunung Api Batur.

Uniknya, di museum ini Anda dapat menyaksikan film dokumenter tentang perkembangan Gunung Batur dan sejarah-sejarah letusannya yang dahsyat. Anda juga dapat menyaksikan aktivitas Gunung Batur dari ruang pengamatan dengan menggunakan teropong.

Museum ini buka hari kerja dan harga tiket masuknya adalah Rp 10.000. Museum Gunung Api Batur sering dikunjungi oleh siwa-siswa sekolah dan sudah dikenal oleh kalangan wisatawan mancanegara.

Tidak ada salahnya Anda berkunjung ke museum ini. Selain menikmati eloknya Gunung Batur, Anda juga dapat mempelajari lebih dalam tentang aktivitas gunung berapi.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com