Mall Rongsok, Mall Paling Unik se-Indonesia

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Kamis, 26/01/2012 12:12:08 WIB
detikTravel Community -  

Mal biasanya identik dengan gedung besar dan diisi dengan barang-barang mewah. Tapi apa yang terpikirkan begitu mendengar nama "Mall Rongsok"? Ini dia mal paling unik se-Indonesia, hanya ada di Depok, Jawa Barat yang khusus menjual aneka barang bekas layak pakai.

Mal unik ini berada di Jl Bungur Raya No 1, Kukusan, Depok, Jawa Barat, belakang kampus UI Depok. Jalan ini diapit dua perempatan yaitu perempatan Kukusan Kelurahan dan perempatan Tugu Tanah Baru. Letak Mall Rongsok ini berseberangan dengan jalur pipa gas alam yang membelah kota Depok.

Mall Rongsok sudah berdiri sejak 7 tahun lalu dengan nama awal Adi Elektronik. Melihat perkembangannya yang semakin pesat, toko yang dikelola oleh Nurcholis Agi ini pun berganti nama menjadi Mall Rongsok sejak 1,5 tahun lalu. Bentuknya yang mirip sebuah gudang besar memanjang ke belakang, jauh dari tampilan mal pada umumnya. Istilah Mall rupanya memang klaim sepihak dari Nurcholis.

"Kenapa namanya Mall Rongsok, karena saya suka nongkrong di Mall dan tempat barang rongsok. Jadi, terlintas di pikiran saya untuk kasih nama Mall Rongsok," kata Nurcholis sambil tertawa, saat diwawancarai detiktravel, Kamis (26/1/2011) di Mall Rongsok.

Jangan kaget begitu pertama kali tiba di tempat ini, karena hampir seluruh ruangan dipenuhi oleh barang. Mulai dari barang elektronik, onderdil motor, komputer, pakaian, mainan anak, perlengkapan salon, hingga furniture memenuhi lantai dan langit-langit toko seluas 800 meter persegi ini.

Barang-barang yang ada di Mall Rongsok ini berasal dari banyak tempat, ada yang dari pabrik, sekolah, atau pun orang yang sengaja ingin menjualnya ke tempat ini. Ketenaran Mall Rongsok ternyata tidak hanya di seputaran Jakarta-Depok saja, tetapi juga ke luar jawa.

"Pembeli yang paling jauh berasal dari Sulawesi, biasanya mereka beli barang di sini untuk dijual lagi di daerahnya," jelas Nurcholis.

Harga barang yang ditawarkan bervariasi, berkisar Rp 500 - Rp 2 juta. Jadi, Anda tidak perlu kuatir kantong jebol jika berbelanja di sini. Barang yang paling laris diburu pembeli adalah alat kantor seperti meja, kursi, dan komputer. Khusus komputer, Anda bisa merakitnya sendiri sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk sebuah furniture dengan kondisi yang masih baik, pembeli hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2.000.000. Salah satu barang elektronik yang banyak diburu adalah televisi. Harga yang diberikan untuk sebuah televisi berukuran 14 inchi adalah Rp 150.000-200.000. Sedangkan yang berukuran 21 inchi, Anda cukup menyiapkan uang sebesar Rp 250.000-300.000. Tak heran banyak yang tertarik.

Toko ini memang serba ada karena tidak hanya menjual barang untuk keperluan kantor dan rumah, tetapi juga mainan anak. Harga yang ditawarkan untuk mainan anak juga cukup murah, mulai dari Rp 2.000-5.000. Tetapi perlu diingat, jika membeli di sini, Anda harus memastikan kondisi barang sebelum membelinya, untuk barang elektronik Anda harus mengecek kondisinya sebelum dibeli.

Barang yang dijual di Mall Rongsok tidak semuanya barang bekas, ada juga barang baru seperti pakaian. Biasanya, pakaian yang dijual di sini langsung didapat dari perusahaan konveksi.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke Mall Rongsok ini setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Mall Rongsok ini juga buka pada hari Sabtu dan Minggu, sehingga tempat ini pun cocok untuk agenda akhir pekan Anda. Mall Rongsok bisa dihubungi di nomer telepon 021-99674806 atau 021-32558549. Selamat berburu!

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com