detiktravel

Gua Leang-Leang

detikTravel - d'Traveler - Jum'at, 27/01/2012 09:57:00 WIB
detikTravel Community -  

Gua Leang Leang merupakan Wisata situs purbakala. Gua bersejarah ini terletak di Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Gua leang leang menggambarkan  kehidupan manusia masa lampau, deretan gua-gua yang ada di hamparan pegunungan batu itu sangat menarik bagi wisatawan juga bagi para ilmuwan.

Lokasi Goa leang leang dapat ditempuh dari Bandara Sultan Hasanuddin dengan  menggunakan angkutan umum. Dari poros jalanan utama menuju tempat itu tidak terlalu bagus, tapi pemandangan di sekitarnya sangat indah.  Batu-batuan besar berwarna hitam bertumpuk rapi di lapangan luas dengan pemandangan batu karakteristik yang sangat khas.

Goa di Leang-Leang ini ditemukan oleh Van Heekeren dan Heeren Palm.Dua arkeolog Belanda ini menemukan gambar-gambar pada dinding goa (rock painting) di Goa Pettae dan Petta Kere, dua goa di Leang-leang, pada tahun 1950.

Usia lukisan-lukisan purba di Leang-Leang diperkirakan 5.000 tahun. Beberapa arkeolog bahkan berpendapat bahwa beberapa di antara goa tersebut telah didiami sejak 8.000-3.000 sebelum masehi. 

Goa Pettae menghadap ke barat. Gambar yang ditemukan pada goa ini adalah lima gambar telapak tangan dan satu gambar babi rusa meloncat dengan anak panah di dadanya.Selain gambar, ditemukan pula artefak serpih, bilah, serta kulit kerang yang terdeposit pada mulut goa. Untuk mencapai goa ini wisatawan harus menaiki 26 anak tangga.

Goa Petta Kere berada 300 meter di sebelah Gua Pettae. Peninggalan yang ditemukan pada goa ini adalah dua gambar babi rusa, 27 gambar telapak tangan, alat serpih bilah, dan mata panah.

Untuk mencapai goa ini wisatawan harus mendaki 64 anak tangga. Tingginya ggua ini akan memaksa Anda untuk menyiapkan tenaga ekstra sebelum menaiki anak tangga. Tapi tenang saja, di perjalanan menuju gua Anda akan disajikan pemandangan di sekitar gua yang eksotis.

[Dicky Ardian]

 

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
PROVINSI SULAWESI TENGAH
Jalan Dewi Sartika No. 91, Palu 94114
Telepon: (0411) 878912, 872336
Faksimili: (0411) 872314

Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com