detiktravel

Danau Sentarum

detikTravel - d'Traveler - Rabu, 01/02/2012 14:48:00 WIB
detikTravel Community -  

Selain dikenal dengan terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas, Kalimantan Barat juga terkenal dengan Danau Sentarum. Danau yang merupakan danau musiman ini menjadi salah satu bagian dari Taman Nasional Danau Sentarum. Danau ini berjarak 700 km dari Kota Pontianak.

Danau Sentarum adalah celengan air raksasa, karena saat musim hujan, ketinggian air di danau ini mencapai 14 meter. Akan tetapi, ketika musim kemarau datang, yang terlihat hanyalah ratusan kolam ikan dan sejumlah sungai-sungai kecil. Memiliki Danau sentarum merupakan keuntungan bagi Kalimantan Barat, karena saat kemarau, danau ini memasok setengah dari air yang mengaliri Sungai Kapuas.

Luas keseluruhan kawasan Danau Sentarum 132.000 hektar ditambah dengan 64.000 hektar yang diusulkan sebagai daerah penyangga. Sekitar 20 hektar merupakan danau musiman yang menjadi penutup daerah seluas 30.500 hektar, sisanya tertampung di danau tersebut.

Konon katanya, danau ini terbentuk pada zaman es atau periode pleistosen. Sentarum juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa dan tak dimiliki daerah lain. Tumbuhannya saja ada 510 spesies dan 33 spesies di antaranya endemik TNDS, termasuk 10 spesies di antaranya merupakan spesies baru.

Sayangnya, dibutuhkan perjuangan untuk bisa mencapai daerah ini. Dari Kota Pontianak, dibutuhkan waktu selama 14 jam untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau. Lalu, dari Semitau menuju ke lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak.

Tapi, ketika Anda tiba di Danau Sentarum, Anda akan disuguhkan dengan semua keunikannya. Danau ini juga bisa Anda nikmati langsung dengan menyewa kapal milik nelayan atau penduduk sekitar. Sekadar menikmati indahnya sunset atau bahkan memancing di tengah danau bisa Anda lakukan di sini. 

[Dicky Ardian]

 

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Jalan Letjend Sutoyo No. 17
Pontianak 78121
Telepon: (0561) 742838, 731445
Faksimili: (0561) 730062
Website: http://www.pariwisata.kalbar.go.id atau http://www.borneo-equatorism.com
E-mail: pariwisata@kalbar.go.id atau inform@borneo-equatorism.com



Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com