Kolam Air Soda

detikTravel - d'Traveler - Rabu, 01/02/2012 15:35:00 WIB
detikTravel Community -  

Para traveler pastinya sudah pernah mendengar mata air soda yang ada di Veneuzela, Amerika. Indonesia juga tidak mau ketinggalan, di bumi pertiwi ini juga terdapat mata air soda. Kolam air soda ini berada di Kaki Bukit Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Masayarakat Tapanuli Utara menyebut kolam air soda ini dengan nama "Aek Rara".

Saat liburan kolam ini menjadi sasaran liburan wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka yang berkunjung ke tempat ini hanya sekadar ingin menikmati mandi dan mencium aroma soda yang berasal dari belasan mata air soda di kawasan ini. Beritanya air soda ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Air soda ini tergolong unik karena seolah-olah terlihat mendidih dan muncul dari permukaan tanah.

Panorama di kawasan ini benar-benar sangat memesona, alam yang indah, udara nan sejuk, dan air yang bening dan bersih. Selain itu bila Anda berada di kolam ini, bisa melihat hamparan sawah yang di kelilingi oleh bukit Rusa Silindung. Jika menengok keseberang, Anda akan langsung melihat wisata religius Iman Salib Kasih. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Pada tahun 2004 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam pemandian ini menjadi salah satu tempat wisata. Objek wisata yang satu ini tidak seluruhnya dikelola oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara karena yang menemukan pada awalnya ialah O Tobing Sihite.

O Tobing Sihite adalah seorang bidan desa untuk warga Tapanuli Utara. O Tobing kecil awalnya tidak tahu bahwa air yang muncul akibat cangkulannya memiliki keistimewaan, tetapi setelah ia rasakan air tersebut mempunyai rasa dan aroma seperti soda. Sejak saat itu keluarga O Tobing Sihite membangun kolam pemandian air soda yang dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, tetapi tidak boleh membawa makanan karena di area objek wisata sudah disediakan beberapa makanan dengan harga yang terjangkau.

Meskipun tempat ini merupakan objek wisata, tetapi ada beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar oleh pengunjung. Peraturan tersebut, antara lain tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor dan makian, tidak melakukan kegiatan yang negatif, dan tidak diperbolehkan mandi tanpa mengenakan busana. Peraturan ini ada sejak pemandian ini dibuat. Sebab objek wisata ini berada di tempat umum dan terbuka. Mulai dari anak-anak sampai dewasa mandi dalam satu kolam ini. Selain untuk berwisata, mata air soda yang keluar juga digunakan untuk mengairi sawah warga.

Menempuh jarak 320 km dari pusat Kota Medan dengan waktu 5--6 jam melalui jalan darat melewati kawasan Danau Toba. Pejalanan ini tentunya bisa menggunakan kendaraan bermotor. Bisa dibayangkan bagaimana perjalanan menuju Kolam Air Soda dihiasi dengan pemandangan yang sangat indah.

[Desi Puspasari]


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Provinsi Sumatera Utara
Jln. Jend. A. Yani No.107, Medan 20111
Telepon: (061) 4528436
Fax    : (061) 4578594, 4158253
Email  : sumatera_tourism@yahoo.co.id
website: http//www.sumateratourism.com



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com