Gua Mampu, Bone

detikTravel - d'Traveler - Rabu, 08/02/2012 11:25:00 WIB
detikTravel Community -  

Gua Mampu terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Gua Mampu merupakan sebuah kawasan yang memiliki keunikan tersendiri dan panorama alam yang sangat indah.

Gua ini adalah gua terluas di Sulawesi Selatan. Gua yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi berjarak 30 km dari pusat Kota Watampone.

Dengan didukung fasilitas yang memadai, Gua Mampu akan membuat Anda bersama keluarga merasa nyaman.  mencapainya pun terbilang mudah. Kawasan ini berada di lereng Gunung Mampu dengan ketinggian 250 m dari permukaan laut. Jika Anda berada di puncak Gunung Mampu, Anda akan melihat Laut Teluk Bone yang indah.

Konon gua yang menawarkan keindahan panorama ini memiliki kisah legenda yang cukup tragis. Di mana legenda tersebut dikenal dengan Legenda Kutukan Mampu, yaitu kutukan yang menimpa Kerajaan Mampu.

Akibat kutukan itu, penduduk dan hewan yang berada di dalam wilayah Kerajaan Mampu seluruhnya menjadi batu. Perwujudan dari legenda ini dapat Anda saksikan lewat sejumlah bentuk bebatuan, yang menyerupai makhluk-makhluk hidup yang terdapat di dalam gua.

Untuk dapat menyaksikan semua keindahannya, Anda diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak.

[Dicky Ardian]

 

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA 
PROVINSI SULAWESI TENGAH
Jalan Dewi Sartika No. 91, Palu 94114
Telepon: (0411) 878912, 872336
Faksimili: (0411) 872314



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com