detiktravel

Candi Prambanan, Menjaga Kesucian Cinta Ala Roro Jonggrang

Afif Farhan - d'Traveler - Senin, 13/02/2012 12:14:43 WIB
detikTravel Community -  

Candi Prambanan yang berada di Yogyakarta terkenal karena keindahan dan juga legenda cinta Roro Jonggrang. Legenda ini mengisahkan penolakan cinta Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso, yang menguras emosi.

Jika sedang berkunjung ke Yogyakarta, sempatkanlah berkunjung ke Candi Prambanan. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Candi Prambanan adalah candi Hindu yang dibangun pada abad ke-10 dan memiliki arsitektur yang sangat cantik. Tidak hanya itu saja, cerita Roro Jonggrang yang melegenda dapat Anda simak saat mengelilingi Candi Prambanan bersama pemandu wisata.

Kisah legenda itu menyebutkan pada zaman dulu, di Prambanan terdapat Kerajaan Boko. Kerajaan ini sangat terkenal karena memiliki putri raja yang cantik jelita bernama Roro Jonggrang. Hingga suatu hari, Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging menyerang dan menduduki Keraton Boko. Bandung Bondowoso adalah seorang ksatria gagah dan terkenal dengan kesaktiannya. Semua prajurit kerajaan Keraton Boko dibuatnya bertekuk lutut.

Saat masa kependudukannya di Keraton Boko, Bandung Bondowoso sangat mengagumi Roro Jonggrang. Kecantikan dan keanggunannya membuat hati Bandung Bondowoso luluh. Tanpa berpikir panjang lebar, Bandung Bondowoso mempersunting Roro Jonggrang untuk menjadi istrinya. Namun, saat itu Roro Jonggrang tidak dapat menolak permintaan tersebut karena wilayahnya telah jatuh ke tangan Bandung Bondowoso.

Akhirnya, dipersetujuilah permintaan tersebut dengan satu syarat. Roro jonggrang memerintahkan Bandung Bondowoso untuk membangun 1.000 candi untuknya selama satu malam. Bandung Bondowoso menyetujui permintaan tersebut dan segera melaksanakannya. Dengan kekuatan saktinya, Bandung Bondowoso meminta bantuan para jin untuk membangun 1.000 candi.

Roro Jonggrang tidak tinggal diam, dari awal dirinya memang tidak suka kepada Bandung Bondowoso yang telah menduduki kerajaannya. Dipanggillah para wanita-wanita di sekitar kerajaan, untuk menjalankan idenya dalam mengagalkan misi Bandung Bondowoso. Sebelum fajar tiba, Roro Jonggrang dan beberapa wanita sudah membakar jerami dan menumbuk padi. Hal ini seolah-olah sudah menandakan datangnya pagi hari.

Para jin pun menyerah karena mengira fajar telah tiba, kemudian mereka melaporkannya kepada Bandung Bondowoso. Tak lama, dipanggilnya Roro Jonggrang untuk menghitung jumlah candi yang telah dibangun. Setelah dihitung, hanya terdapat 999 candi dan Roro Jonggrang memaksa Bandung Bondowoso untuk menyerah. Ternyata, Bandung Bondowoso kesal dan marah, sebab dirinya merasa telah dipermainkan oleh Roro Jonggrang. Dalam sekejap disihirnya Roro Jonggrang menjadi batu, yang menjadi candi ke-1.000 di Prambanan.

Kini, arca Roro Jonggrang dapat Anda lihat langsung di Candi Prambanan. Legendanya yang sangat menyentuh, dapat Anda rasakan saat melihat candi-candi di Prambanan yang menjadi saksi bisu legenda tersebut. Berkunjunglah ke Candi Prambanan dan hayatilah kisah dari Roro Jonggrang.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com