detiktravel

Alcatraz, Pulau dengan Penjara Terseram di AS

Faela Shafa - d'Traveler - Rabu, 22/02/2012 13:09:16 WIB
detikTravel Community -  

Sebuah pulau di San Francisco, California, AS memiliki penjara dengan tingkat keamanan terbaik pada masanya. The Rock, begitu pulau ini disebut. Kunjungi dan lihat lebih dekat bagaimana sebenarnya kehidupan di Pulau Alcatraz.

Pulau yang berada di San Francisco Bay ini berjarak 2,4 km dari perairan San Francisco. Dulunya, pulau kecil ini diisi dengan keperluan dan kegiatan militer, termasuk penjara. Pada tahun 1930-1960, Alcatraz menjadi penjara dengan tingkat keamanan tertinggi dan diisi dengan napi kelas kakap. Semua napi yang dianggap berbahaya akan dikirim ke sana.

Pada tahun 1930, Amerika dihadapkan dengan masalah yang serius yaitu pertumbuhan gangster. Banyak sekali gangster yang sadis dan penuh manipulasi yang menyebar di seluruh Amerika. Mafia ini terkenal licik dan sering melarikan diri. Oleh karena itu, mereka masuk dalam daftar napi kelas kakap. Alcatraz, penjara yang paling aman pada masa itu menjadi tempat para napi-napi kelas kakap tersebut.

Beberapa napi kelas kakap yang pernah merasakan lantai Alcatraz antara lain Al Capone dan Alvin Karpowicz. Al Capone adalah seorang bos mafia dan juga seorang manipulator sejati kelahiran Italia-Amerika yang dikirim ke Alcatraz pada tahun 1934. Alvin Karpowicz memiliki nama lain Creepy karena senyumnya yang menyeramkan. Ia adalah salah satu mafia yang paling dicari di Amerika pada tahun 1930-an. Karpowicz menjadi penghuni penjara terlama karena ia sering bertikai dengan penghuni lainnya. Ia menghuni Alcatraz selama 26 tahun.

Pada tahun 1972, Alcatraz dibuka untuk umum. Kebanyakan pengunjung penasaran tentang penjara yang tersohor ini. Alcatraz menjadi tempat bersejarah di AS pada tahun 1986.

Jika ingin berkunjung ke sana, Anda bisa menggunakan kapal ferry dari dermaga Pier 33. Kapal ini berangkat dari dekat Fisherman's Wharf di San Francisco setiap 30 menit sekali.

Anda bisa langsung menapaki kaki di penjara Alcatraz sesaat setelah sampai di sana. Intip sel penjara yang sering masuk ke dalam film-film box office Hollywood, novel serta komik. Terlalu penasaran dengan konsep Pulau Alcatraz saat masih menjadi pulau militer? Anda bisa melihat miniatur pulau beserta isinya di sini.

Puas melihat bekas penjara terseram pada jamannya, Anda pun bisa mengunjungi taman-taman yang ada di pulau ini. Awalnya, taman-taman ini dibuat oleh para tentara yang ditempatkan di sini, dilanjutkan oleh para keluarga tentara dan penjaga penjara yang tinggal di sini. Sampai sekarang, Anda masih bisa menikmati bunga cantik di taman yang tersebar di pulau ini.

Selain taman, Anda pun bisa melihat fauna yang ada di sini. Salah satu fauna yang terkenal di sini adalah burung pelikan. Pada awalnya, Alcatraz diambil dari nama La Isla de los Alcatraces, sebuah nama yang diberikan oleh penemu pulau ini. La Isla de los Alcatraces berarti pulau pelikan, tidak aneh jika banyak burung pelikan di sini.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com