Pantai Bajul Mati, Satu Lagi Pesona dari Malang

Mohammad Haris Suhud - d'Traveler - Selasa, 28/02/2012 09:02:00 WIB
detikTravel Community -  

Pantai Bajul Mati belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Pantai yang berada di sebelah selatan Kota Malang ini memberikan pemandangan yang cantik. Apalagi jika dibalut dengan cahaya senja, keindahannya menjadi semakin sempurna.

Sebagai kota wisata, Malang menawarkan banyak tempat sebagai tujuan wisata untuk menghabiskan masa liburan bersama sanak saudara. Selain tempat wisata yang bertema agrowisata, Kota Malang ternyata juga memiliki keindahan pantai yang terletak di sebelah selatan kota. Pantai-pantai ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah pantai Bajul Mati.

Untuk menuju pantai ini akan menghabiskan sekitar 2-3 jam dari Malang kota. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih sejauh 60 Km menuju arah selatan. Setelah keluar dari perkotaan, perjalanan akan banyak menyusuri perbukitan dan hutan. Jalan menuju pantai sangat lancar dan nyaman untuk dilalui karena tidak ada jalan yang rusak atau kemacetan seperti di dalam kota.

Dalam perjalanan menuju pantai ini harus hati-hati, meskipun jalan terbilang mulus tapi banyak jalanan yang menikung tajam layaknya  jalan-jalan di pegunungan. Kebugaran kendaraan harus diperhitungkan, sebab jalan sangat sepi dan tidak mudah untuk mencari bantuan.

Pantai Bajul Mati berlokasi dekat dengan Pasar Ikan Sendang Biru, hanya berjarak sekitar 1 Km, tepatnya di Kecamatan Gedangan. Para pengunjung yang ingin memasuki kawasan pantai diharuskan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 4000 per orang.

Pengunjung tidak perlu menghawatirkan akan datangnya bencana tsunami yang datang tiba-tiba, karena di sana sudah ada badan yang penanggulangan bencana tsunami dengan memberi tahu para pengunjung jika akan terjadi. Selain itu juga ada tim SAR yang siap setiap saat  menolong jika terjadi sesuatu yang membahayakan pada pengunjung ketika berada di pantai.

Ketika memasuki kawasan pantai, pasir putih yang masih bersih akan menyambut Anda. Pantai ini masih sepi akan pengunjung, terdapat hanya ada beberapa toko yang menjual makanan kecil di sekitar pantai, karena memang pengelolaan pantai ini baru dimulai pada tahun 2011. Jika berkunjung pada hari tertentu, para pengunjung bisa menikmati upacara adat, yaitu Grebeg Kopat.

Ombak di sini sangat besar dan memiliki struktur pantai yang curam dan dalam. Oleh sebab itu, para pengunjung dilarang untuk mandi di pantai. Akan tetapi, ada satu spot yang bisa digunakan untuk mandi, yaitu di sebelah barat, yang cukup aman untuk dijadikan tempat bermain air.

Pantai Bajul Mati memang memberikan pemandangan yang sangat luar bisa. Selain air laut yang biru beserta ombak besar yang saling berkejaran, di tengah-tengah lautan terdapat semacam bukit yang dari dalam laut. Keberadaannya itu menjadikan wajah pantai ini semakin cantik. Apalagi jika dibalut dengan cahaya senja, keindahannya menjadi semakin sempurna.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com