detiktravel

Alat Musik Sasando, Irama yang Merdu dari Selatan Indonesia

Afif Farhan - d'Traveler - Senin, 05/03/2012 10:30:00 WIB
detikTravel Community -  

Berkunjung ke Pulau Rote, NTT, tidak ada salahnya mencoba alat musik khasnya, sasando. Sasando dapat Anda temukan di setiap pelosok Pulau Rote dan NTT. Tidak hanya itu, sasando dapat Anda jadikan oleh-oleh khas dari selatan Indonesia.

Alat musik sando sudah menjadi kebanggan bagi masyarakat Pulau Rote dan NTT. Memainkan alat musik ini sangat berbeda dengan alat musik lainnya. selain itu, dibutuhkan ketrampilan khusus dan latihan yang ulet untuk memainkan alat musik sasando.

Alat musik sasando terbuat dari beberapa agian-bagian pohon lontar. Pada zaman dulu, hanya terdapat sedikit orang di NTT yang dapat memainkan alat musik sasando. Hal tersebut dikarenakan, Ta'e sasanu atau orang yang memainkan sasando harus menjalani ritual dan proses khusus. Kini, hampir setiap masyarakat di NTT dapat memainkan sasando.

Sasando sudah ada dan dimainkan sejak puluhan tahun lalu. Keunikan sasando adalah dapat menghasilkan kombinasi suara dari 3 alat musik, yaitu piano, harpa dan gitar plastis.

Sasando juga merupakan alat musik yang memiliki kesatuan rhytm, melodi, dan bass. Jadi walaupun alat musik tradisional, sasando memiliki sifat yang universal. Memainkan sasando dapat dengan cara petik pada dawai yang terbuat dari kawat halus.

Memang dibutuhkan keahlian khusus dalam memainkan sasando, sebab sasando dimainkan dengan dua tangan dari arah berlawanan, kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Tangan kiri berfungsi memainkan melodi dan bas, sementara tangan kanan bertugas memainkan accord.

Anda dapat menjumpai alat musik dan pemain sasando hampir di setiap pelosok Pulau Rote. Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mempelajari alat musik sasando. Selain belajar dan menjadi oleh-oleh, Anda juga melestarikan salah satu kebudayaan khas Indonesia.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com