detiktravel

Ijen, Dataran Tinggi Penghasil Belerang di Jawa Timur

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Selasa, 06/03/2012 11:05:00 WIB
detikTravel Community -  

Jika Jawa Tengah punya Dataran Tinggi Dieng, Jawa Timur punya Dataran Tinggi Ijen. Dataran Tinggi Ijen menawarkan pesona keindahan alam Jawa Timur dan semerak bermekarannya bunga edelweis.

Dataran Tinggi Ijen diapit oleh tiga kota di Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso,dan Situbondo. Namun, kawah Gunung Ijen sendiri terletak di dua wilayah, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso.

Gunung Kawah Ijen adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur, dengan ketinggian 2.443 mdpl. Gunung ini termasuk dalam Taman Nasional Alas Purwo. Dari atas gunung, pengunjung bisa melihat keindahan kawah ijen. Warna kawah yang hijau kebiruan, dihiasi kabut dan asap belerang sangat memesona mata yang memandang.

Perjalanan menuju kawah Ijen cukup mengesankan. Pengunjung harus melakukan pendakian dan melewati jalan yang berbatu kerikil. Tantangan tak berhenti sampai disitu, kemiringan jalan yang mencapai 45 derajat menjadi rintangan tersendiri bagi penanjak.

Tetapi Anda tidak perlu kuatir, semua kesulitan itu akan terbayar dengan keindahan indahnya perkebunan kopi yang berada di lereng gunung. Selain itu, Anda juga melihat berbagai tanaman cantik di dataran tinggi ini, salah satunya adalah bunga edelweis.

Gunung Kawah Ijen tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya, tetapi juga hiruk pikuk kegiatan para penambang belerang yang memberikan kesan tersendiri. Anda bisa melihat banyak penambang yang sibuk beraktivitas untuk mengangkut belerang.

Ya, Kawah Gunung Ijen memang terkenal sebagai penghasil belerang. Hal itulah yang membuat para turis nusantara atau pun mancanegara rela jauh-jauh datang ke Kawah Gunung Ijen. Semuanya ingin menyaksikan secara langsung kegiatan para penambang.

Untuk mencapai Kawah Gunung Ijen, Anda bisa melalui rute Bondowoso-Sempol yang menempuh jarak hingga 90 km, dengan waktu tempuh 2,5-3 jam. Kemudian perjalanan dilanjutkan dari Sempol ke Pos Paltuding sejauh 15 km. Pos Paltuding adalah tempat para pengunjung melapor sebelum memasuki kawasan Kawah Ijen.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com