detiktravel

Asyiknya Berburu Batu Permata di Martapura

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Selasa, 06/03/2012 14:03:00 WIB
detikTravel Community -  

Tak lengkap rasanya bila berlibur ke Kalimantan Selatan tanpa mengunjungi Martapura. Martapura adalah kota di Kalimantan Selatan yang terkenal sebagai penghasil batu permata. Anda pun bisa membeli aneka kreasi cantik batu permata.

Selain Banjarmasin, ada satu lagi kota di Kalimantan Selatan yang terkenal di kalangan wisatawan, yaitu Martapura. Jika Banjarmasin terkenal sebagai Ibukota Kalimantan Selatan, Martapura terkenal sebagai kota penghasil batu intan permata. Kota ini cocok sekali untuk dikunjungi para pecinta batu mulia.

Tanah Martapura kaya akan mineral dan barang tambang, menjadikannya sebagai sumber penghasil batu intan permata. Batu-batu indah, warna-warni dan berharga bisa Anda temukan dalam berbagai ukuran, mulai dari sebesar biji kedelai hingga sebesar telur ayam. Tak heran bila Martapura dijuluki sebagai Kota Intan.

Untuk mencapai Martapura, Anda bisa menggunakan kendaraan umum pribadi dengan menghabiskan waktu sekitar 40 menit dari Kota Banjarmasin. Jika datang dari Bandara Syamsudin Noor, waktu tempuh menuju Martapura relatif lebih singkat, yaitu sekitar 20 menit saja.

Batu intan dan permata yang ada di Martapura masih ditambang dengan cara tradisional. Kemudian, batu-batu mulia tersebut dibentuk menjadi aneka aksesoris cantik.

Nah, untuk Anda para pecinta batu mulia dan aneka hasil olahannya, bisa datang langsung ke sentra perdagangan batu intan permata. Di Martapura, ada dua pusat perdagangan hasil olahan batu permata, yaitu Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat.

Jika berbelanja di kedua pasar tersebut, Anda bisa menemukan ada banyak toko-toko yang menjual aneka hasil kerajinan batu permata. Mulai dari gelang, cincin, kalung dan anting bisa Anda temukan di pasar ini. Pengunjung pun bebas memilih toko mana yang akan dimasuki.

Asyiknya lagi, pembeli bisa menawar barang yang diinginkan sesuai dengan harga yang diinginkan. Jadi, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan harga yang cukup miring di sini. Selain batu permata, pengunjung pasar juga bisa membeli aneka hasil kerajinan tradisional Kalimantan Selatan, seperti kain sasirangan.

Bila penasaran dengan lokasi pendulangan intan permata, pergi saja ke Kecamatan Cempaka, sekitar 7 km dari pusat Kota Martapura. Di sana, para wisatawan bisa melihat langsung proses pendulangan intan dan permata.



Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com