detiktravel

Wah, India Akan Buat Replika Angkor Wat!

Sri Anindiati Nursastri - d'Traveler - Jum'at, 09/03/2012 10:03:00 WIB
detikTravel Community -  

Eksistensi Angkor Wat sebagai situs sejarah sudah tersohor di seluruh dunia. Tak mau kalah, India sekarang membuat replika komplek candi ini. Letaknya di Provinsi Bihar, dengan ukuran yang lebih besar dari Angkor Wat!

25 Kilometer dari Patna yang merupakan ibukota Provinsi Bihar, India, sebuah proyek senilai US$ 20 miliar tengah dibuat. Tepat di bantaran Sungai Gangga, ini akan menjadi komplek candi Hindu terbesar di dunia.

Namanya Virat Angkor Wat Ram Mandir. Komplek candi raksasa ini dibuat oleh sebuah lembaga milik pemerintah Provinsi Bihar, dan menempati lahan seluas 40 hektar.

"Ini akan menjadi komplek candi Hindu terbesar. Lebih besar dalam ukuran, bentuk, dan tingginya dari Angkor Wat di Kamboja," tutur Acharya Kishore, sekretaris proyek ini pada situs bbc.co.uk, Senin (5/3/2012) kemarin.

Nantinya, komplek candi ini akan memenuhi seluruh wilayah Vaishali, tepat di sebelah utara Provinsi Bihar. Proyek ini rencananya akan rampung dalam 10 tahun ke depan.

Angkor Wat itu sendiri dibuat sekitar abad ke-12, yang pada awalnya dibangun oleh umat Hindu. Namun pada akhirnya, komplek candi ini berganti digunakan oleh para penganut Buddha.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com