detiktravel

Jalan-jalan Pintar di Museum Biologi, Yogyakarta

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Sabtu, 10/03/2012 08:18:03 WIB
detikTravel Community -  

Liburan ke Kota Yogyakarta tidak hanya bisa menyenangkan, tapi juga mendidik. Kunjungilah Museum Biologi yang memiliki lebih dari 1.000 koleksi spesies hewan dan tumbuhan. Wow!

Museum Biologi adalah museum edukatif yang berada di dalam kampus Universitas Gadjah Mada. Museum ini memang dikelola langsung oleh Fakultas Biologi UGM.

Terletak di Jl Sultan Agung No 22, Yogyakarta, Museum Biologi memamerkan benda-benda hayati dan benda-benda lain yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Koleksi spesimen ini ada dalam bentuk awetan kering, basah, bahkan fosil yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa di luar negeri.

Pengunjung yang datang bisa berkeliling ke bangunan utama, bangunan sayap dan belakang. Luas total lahan Museum Biologi adalah 50 x 30 meter persegi, dengan luas bangunan utama 31 x 14 meter persegi.

Sebagai informasi tambahan, museum ini masih dalam bentuk bangunan tua Belanda. Tak heran bila Anda menjumpai pintu dan jendela yang berukuran besar di museum ini.

Mulai dari hewan bertulang belakang (vertebrata), hingga hewan tanpa tulang belakang (invertebrata) ada museum ini. Untuk awetan kering, pengunjung bisa melihatnya dalam kotak diorama yang ada di dalam museum. Setiap diorama, terdapat satu sekelompok hewan dengan latar belakang habitat asal. Jadi, Anda bisa tahu dengan jelas, tempat tinggal asli hewan tersebut.

Tak hanya hewan, museum ini juga mengoleksi aneka tanaman yang dikeringkan atau herbarium. Total herbarium yang dikoleksi Museum Biologi UGM kurang lebih 1.672 spesies yang berasal 180 famili.

Meskipun kebanyakan koleksi hewan dan tumbuhan di Museum Biologi adalah awetan, ada juga beberapa ikan dan jenis tumbuhan air yang dikoleksi dalam akuarium. Cocok untuk dijadikan wisata edukasi.

Jika Anda tidak terlalu mengerti tentang biologi, tak perlu kuatir, Museum Biologi UGM telah menyediakan pemandu museum. Sang pemandu akan menjelaskan berbagai koleksi yang ada. Fasilitas museum juga cukup lengkap, di sana ada perpustakaan yang menyediakan buku mengenai koleksi museum. Toilet, tempat ibadah dan lahan parkir juga memadai.

Museum Biologi UGM dibuka untuk umum setiap hari, kecuali hari besar. Untuk hari Senin, museum buka mulai pukul 07.30-13.30 WIB. Pada hari Jumat, museum hanya buka hingga pukul 11.30 WIB, pada hari Sabtu hingga pukul 12.30 WIB, sedangkan hari Minggu hanya buka sampai pukul 12.00 WIB. Biaya masuk juga sangat murah, yaitu Rp 1.500 untuk pelajar dan Rp 2.000 untuk umum.

Ayo, tunggu apalagi! Segera tambah wawasan ilmu pengetahuan Anda dengan berkunjung ke Museum Biologi UGM.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com