detiktravel

Lukisan Gua Liang Kobori, Sebuah Kisah Dari Masa Silam

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Selasa, 13/03/2012 13:25:55 WIB
detikTravel Community -  

Kata Liang Kobori mungkin sepintas terdengar seperti liang kubur, tetapi ini beda. Liang Kobori adalah sebuah gua peninggalan nenek moyang masyarakat suku Muna, Sulteng. Jika masuk ke dalam gua, Anda bisa menemukan lukisan yang dibuat sejak zaman prasejarah. Antik!

Liang Kobori adalah nama lain dari Gua Kabori. Dari Buku Panduan Pariwisata Kemenparekraf, Liang Kobori yang berada di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, adalah gua yang menjadi saksi sejarah kehidupan suku Muna di Sulteng.

Kenapa diberi nama Liang Kobori? Ini berasal dari bahasa Muna yang berarti gaya tulis. Penamaan ini sangat pas karena jika masuk ke dalam gua, maka Anda bisa melihat banyaknya lukisan di sepanjang dinding gua. Ada sekitar 130 lukisan yang bisa Anda lihat.

Menurut peneliti, lukisan yang berada di dinding gua berasal dari zaman prasejarah atau sekitar 4.000 tahun yang lalu. Jika diamati, lukisan-lukisan tersebut menggambarkan cara hidup masyarakat suku Muna mulai dari bercocok tanam, beternak, berburu, sampai peperangan.

Melalui lukisan ini, Anda seolah-olah diajak ke zaman suku Muna. Di antara gambar yang terlukis di dinding gua, ada gambar seseorang yang menaiki seekor gajah, gambar matahari, gambar pohon kelapa, gambar binatang ternak seperti sapi, kuda, serta gambar layang-layang yang merupakan salah satu media ritual masyarakat Muna pada saat itu.

Liang Kabori memiliki lebar 30 meter dengan tinggi sekitar 2-5 meter dan kedalaman di bawah tanah sekitar 50 meter. Gua ini tersusun dari bebatuan stalaktit dan stalagmit yang berwarna kehitaman.

Jika ini ingin mengunjungi Liang Kabori, Anda bisa menempuh dua cara. Cara pertama melalui Pelabuhan Nusantara, Kendari menuju Pelabuhan Raha di Muna. Waktu tempuh untuk rute ini adalah 4 jam. Cara kedua bisa Anda lalui dari Bandara Walter Monginsidi, Kendari menuju Bandara Sugimanuru lalu ke Kota Raha sebelum menuju ke Desa Mabolu dengan lama perjalanan 1,5 jam.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com