detiktravel

Kashmir, Lembah Himalaya dalam Pelukan India

Sri Anindiati Nursastri - d'Traveler - Senin, 19/03/2012 16:20:59 WIB
detikTravel Community -  

Nun jauh di utara India, terbentanglah lanskap alam dengan kecantikan luar biasa. Lembah Kashmir menunjukkan wajah terbaiknya di musim semi hingga musim panas. Destinasi baru para traveler untuk melihat megahnya Himalaya.

India tak sebatas Taj Mahal, rempah-rempah, atau Holy Festival sebagai bukti kekayaan tradisi umat Hindu. Bicara India juga bicara lanskap alam, termasuk sebuah lembah indah yang terletak di wilayah utaranya. Berbatasan langsung dengan Pakistan, Lembah Kashmir adalah destinasi favorit para turis saat musim semi dan musim panas.

Hal ini dikemukakan oleh OP Meena, Asistant Director Indiatourism pada acara Astindo International Travel Fair 2012 yang berlangsung di Cendrawasih Hall, JCC Senayan, Jakarta Pusat, 16-18 Maret 2012.

"Kashmir adalah destinasi baru bagi para turis di India. Mereka biasanya berkunjung pada musim semi dan musim panas, ketika suhunya sejuk dan bunga-bunga bermekaran," tutur Meena kepada detikTravel pada Minggu (18/3/2012).

Betapa tidak, ketika musim semi seluruh lembah berubah menjadi karpet bunga. Termasuk juga Tulip Garden yang terbesar seantero Asia!

Sebagai ibukota Provinsi Kashmir, Srinagar adalah kota yang luar biasa cantik. Bangunan-bangunan bergaya arsitektur India berdiri dengan latar komplek Pegunungan Himalaya. Terlebih lagi, ada sebuah danau cantik yang menghiasi kotanya yaitu Dal Lake. Di sekeliling danau inilah Tulip Garden menunjukkan pesonanya.

Selain berenang, Anda juga bisa menginap di houseboat yang terapung di atas Dal Lake. Pada musim dingin, Anda bisa berjalan di atas permukaan danau ini. Tapi ingat, harus tetap berhati-hati.

Selain Srinagar, beberapa tempat yang patut Anda kunjungi adalah Gulmarg dan Sonamarg. Gulmarg, yang dalam bahasa lokal berarti 'padang bunga', adalah favorit traveler sepanjang masa. Dari sini Anda bisa menaiki bukit Apharwat, yang terkenal dengan hujan salju intensitas paling tinggi di Himalaya. Tak perlu trekking, Anda bisa menggunakan cable car untuk tiba di puncaknya. Cable car ini sekaligus menjadi yang tertinggi di dunia, yaitu 4.084 mdpl.

Sedangkan Sonamarg, dalam bahasa lokal berarti 'padang emas'. Di sini mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan 360 derajat Pegunungan Himalaya. Puncak-puncak es seakan tak habis dipandang mata. Ada dua danau yang memperindah lanskapnya, yaitu Bisansar Lake dan Krishnasar Lake.

Bagi Anda penggiat alam bebas, ada ribuan rute trekking yang tersebar seantero Kashmir. Jangan lupa untuk mendatangi Tulin Lake, salah satu danau bebas polusi di dunia. Danau indah ini terletak di ketinggian sekitar 4.000 mdpl.

Tak afdol rasanya bila traveling tanpa membawa oleh-oleh. Dari Kashmir, Anda bisa membeli syal pashmina dan karpet cantik buatan warga lokal. Jika udara sedang menggigit, secangkir Kahwa adalah pilihan yang tepat. Kahwa adalah teh hitam lokal yang dicampur dengan kayu manis, kapulaga, dan madu.

Tak sulit bagi para traveler untuk mencapai Kashmir. Anda bisa melakukan penerbangan dari Delhi langsung ke Srinagar, yang punya bandara internasional. Bahkan di tahun depan, rencananya akan ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju Srinagar.

"Kami ingin ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Kashmir, karena beberapa negara sudah melakukan itu. Diharapkan tahun depan sudah bisa terlaksana. Ini untuk memperkenalkan wilayah Kashmir pada masyarakat dunia," kata Meena.

Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com