Versailles, Istana Mewah Raja Louis XIV

Fitraya Ramadhanny - d'Traveler - Kamis, 19/04/2012 07:46:00 WIB
detikTravel Community -  

700 Kamar, 6.123 lukisan dan taman 800 hektar. Istana Versailles adalah dongeng tentang kemewahan Raja Louis XIV sampai kisah tragis Marie Antoinette.

Di istana inilah dinasti Raja Louis bertahta. Istana Versailles bermula pada 1623 saat Louis XIII membangun sebuah istana kecil untuk berburu di hutan Versailles. Putranya yaitu Louis XIV memperbesar istana ini dan memindahkan pusat kekuasaan dari Paris ke Versailles pada 1682.

Dinasti Louis terakhir yang mencicipi kemewahan Versailles adalah Louis XVI. Dia dan istrinya Marie Antoinette akhirnya dipaksa keluar dari Versailles saat Revolusi Prancis 1789. Nasib keduanya berakhir di meja Guillotine.

Meski demikian, kemegahan Versailles tetap lestari dan kini menjadi salah satu obyek wisata paling terkenal di Prancis. Letaknya pun hanya sedikit di luar Kota Paris dan dapat ditempuh dengan kereta antar kota RER selama 45 menit saja.

Namun anda harus siap-siap dengan antrian pengunjung. Untuk masuk ke Versailles, pengunjung harus antri dua kali. Antri pertama adalah untuk membeli tiket seharga 15 Euro atau sekitar Rp 190.000, dan antri kedua untuk masuk ke dalam Istana Versailles. Sementara, taman istana bisa dinikmati secara gratis.

Terletak di sebuah bukit, istana yang besar ini dapat terlihat dari kejauhan. Pintu gerbang istana yang keemasan berkilau terkena cahaya matahari. Sungguh menggugah pengunjung untuk segera masuk ke dalam.

Butuh waktu satu jam sejak antri tiket sampe masuk ke istana. Ada pintu masuk khusus yang sudah dimodifikasi, dilengkapi dengan metal detector dan tempat penitipan barang. Sebagai pemandu, pengunjung bisa meminta audio guide lengkap dengan earphone. Tinggal masukan nomor track untuk mendengarkan informasi tentang suatu ruangan di Versailles.

Dari 700 kamar di Versailles, hanya sebagian saja yang dibuka untuk publik. Hanya dua dari tiga lantai istana yang bisa dikunjungi. Ruangan pertama adalah Kapel Versailles, tempat keluarga raja melakukan misa dan tempat pernikahan Raja Louis XIV dan Marie Antoinette.

Pengunjung lalu masuk ke sejumlah ruangan yang dijadikan galeri lukisan keluarga kerajaan. Yang menarik adalah berbagai lukisan Raja Louis XIV dari bayi sampai dewasa. Selepas dari galeri kerajaan, di lantai dua terletak kamar-kamar keluarga raja.

Louis XIV terkenal dengan ucapannya "L'Etat, c'est moi" (Negara adalah saya) dan membentuk pemerintahan monarki absolut yang berpusat di Versailles. Di lantai 2 ini pengunjung dapat melihat bagaimana Louis XIV memimpin monarki absolutnya. Kamar tidurnya yang mewah, bersebelahan langsung dengan ruang rapat dengan para menteri, dan ruangan untuk bertatap muka dengan tamu raja.

Sebelum mengakhiri kunjungan di dalam istana, pengunjung akan sampai di La Galerie des Glaces atau Galeri Kaca yang terkenal. Ini adalah sebuah ruangan besar memanjang dengan hiasan lampu-lampu kristal. Jendelanya menghadap taman Versailles yang indah. Ruangan ini sangat bersejarah sebagai ruang pesta keluarga raja termasuk tempat penandatanganan Perjanjian Versailles pada 1919 yang mengakhiri Perang Dunia I.

Keluar dari Istana Versailles, taman seluas 800 hektar menanti anda di belakang istana. Dari bagian belakang Versailles, pengunjung dapat melihat hamparan hutan tempat raja berburu, kolam-kolam istana dan Grand Canal, sebuah kanal buatan sepanjang 1,5 km.

Taman Versailles terlalu luas untuk dijelajahi. Pengunjung pun biasanya berjalan hanya sampai dua kolam air mancur yaitu Bassin de Latone dan Bassin de Apollon, sampai ke tepi Grand Canal. Ini adalah dua kolam air mancur yang cantik bertema Dewi Latona dan Dewa Apollo.

Istana yang megah, berbagai lukisan indah, dan taman istana yang cantik. Versailles sangat memuaskan pengunjung. Rasa lelah pun terbayar sudah.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com