Menyeruput Keindahan Kebun Teh Darjeeling, India

Sri Anindiati Nursastri - d'Traveler - Kamis, 19/04/2012 14:52:17 WIB
detikTravel Community -  

Adalah bangsa Inggris yang pertama kali menggagas dataran tinggi Darjeeling sebagai pusat perkebunan teh di India. Darjeeling menawarkan lanskap kebun teh yang indah sekaligus anggun, dalam balutan hangat negeri rempah.

Eksistensi Darjeeling sebagai penghasil teh ternama di dunia sudah tak diragukan lagi. Hasil utamanya adalah teh hitam, dengan aroma yang khas dan rasa yang pekat. Menyeruput teh Darjeeling di beberapa kafe seperti Tea Cosy dan Golden Tips & Nathmulls akan membawa pergi segala penat. Apalagi, dua kafe ini tersohor karena menghadap lanskap alam yang sangat indah.

Panorama yang terbentang di hadapan mata tak lain adalah bentangan kebun teh. Eksistensi perkebunan teh ini adalah hasil gagasan bangsa Inggris berabad silam. Kemudian, produksi teh itu diikuti oleh pembangunan stasiun tertua di India. Jalurnya yaitu The Darjeeling Himalayan Railway, dibuka pada 1881 dan sekarang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

India berhasil merengkuh Pegunungan Himalaya lewat dataran tinggi Darjeeling. Irisan dari pegunungan tertinggi di dunia itu bisa Anda lihat sendiri dari Tiger Hill. Puncak Gunung Kanchenjunga akan sangat eksotis bila terkena sinar matahari pagi.

Bangsa Inggris meninggalkan bangunan-bangunan kuno bergaya Victoria yang anggun, serasi dengan lanskap hijau dan megahnya puncak-puncak es. Tak heran, Lonely Planet dalam bukunya "1000 Ultimate Places" menempatkan Darjeeling sebagai salah satu "Tastiest Gourmet Sights".

Selain menyeruput teh di kafe-kafe setempat, wajib bagi Anda untuk berkunjung ke Himalayan Mountaineering Institute (HMI). Ini adalah institut yang didirikan oleh Tenzing Norgay, seorang Sherpa (nama salah satu etnis di Pegunungan Himalaya bagian Nepal) yang pertama kali mencium puncak Gunung Everest. Di tempat ini masih tersimpan apik beberapa peralatan dan perlengkapan yang dikenakannya selama pendakian.

Beberapa kuil Buddha juga terdapat di sini, dengan Japanese Peace Pagoda sebagai yang terbesar. Jangan kaget bila mendengar bunyi tabuhan drum pada dini hari. Itu tandanya, para biksu sedang melakukan rutinitas jalan pagi. Anda juga bisa ikut berjalan kaki jika kuat dengan udara yang menggigit kulit.

Untuk bisa menyeruput keindahan Darjeeling, Anda bisa menggunakan jasa kereta api New Jalpaguri yang berangkat dari Delhi dan Kalkutta. Setelah tiba di Stasiun Siliguri, bersiaplah, karena Anda akan menyusuri The Darjeeling Himalayan Railway yang tersohor itu. Anda akan dibawa melewati liukan pegunungan dan lembah bunga yang keindahannya sulit digambarkan dengan kata-kata.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com