detiktravel

Utak Atik Organ Manusia di Singapore Science Center

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Senin, 23/04/2012 17:03:06 WIB
detikTravel Community -  

Siapa bilang Anda tidak bisa mengutak-ngatik organ manusia? Di Singapore Science Center, wisatawan bisa 'membedah' tubuh manusia dan mempreteli organnya.

Tempat liburan seru saat ke Singapura tidak hanya kawasan belanja Orchard Road, ada juga Singapore Science Center. Dari namanya, Anda tentu sudah bisa menebak tempat seperti apa ini. Ya benar sekali, Singapore Science Center adalah pusat peragaan IPTEK yang dikemas menjadi tempat yang sangat menghibur.

Aneka percobaan ilmiah ini, sengaja dibuat menjadi alat-alat peraga unik yang bisa digunakan seluruh pengunjung berbagai usia. Asyiknya, Singapore Science Center dibagi atas beberapa kawasan dengan tema tertentu. Beberapa tema yang bisa Anda datangi adalah Bioethics, Genome, Mathematics, The Mind's Eye dan yang seru adalah Uniquely You.

Diintip dari situs resmi Singapore Science Center, Senin (23/4/2012), Uniquely You merupakan kawasan peragaan bidang kedokteran. Terbagi atas tiga bagian, Uniquely You akan mengajak pengunjung untuk memelajari bagaimana sistem organ bekerja.

Kawasan pertama yang bisa wisatawan masuki adalah Balanced You. Ruangan yang didominasi oleh warna kuning ini akan memberitahu Anda bagaimana tubuh menjaga keseimbangan. Masih dengan konsep menghibur dan tidak membosankan, Anda bisa mengetahui bagaimana peran hormon dan sistem kekebalan tubuh bekerja.

Penasaran ingin tahu penampilan Anda 10 atau 20 tahun lagi? Datang saja ke ruang peraga penuaan. Di sini, pengunjung akan diajak mengikuti permainan seru, sekaligus mengetahui Anda terlihat 20 tahun lagi. Penasaran?

Ruang kedua yang bisa Anda masuki saat berada di Uniquely You adalah Beautiful You. Beautiful You memperlihatkan bagaimana gen bekerja dan membentuk Anda. Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa mengetahui bagaimana janin berkembang di dalam rahim. Wow!

Nah, ini dia ruang terakhir yang bisa Anda datangi di Uniquely You, New You. Ruangan terakhir ini membantu pengunjung untuk memahami bagaimana struktur tubuh manusia, dan penyakit yang bisa menyerang Anda.

Sebuah layar sentuh berbentuk meja operasi juga tersedia di New You. Tengoklah ke layar dan temukan gambar jasad 3D terbaring di atasnya. Skenarionya adalah kita menjadi dokter yang sedang melakukan otopsi terhadap orang yang sudah meninggal. Jangan takut saat melihat jasadnya ini! Cobalah untuk menyentuh layar dan simsalabim, Anda bisa menguliti jasad hanya lewat layarnya.

Anda bisa melihat struktur otot dan jaringan. Anda juga bisa melihat dengan detil organ-organ tubuh seperti jantung, lambung, usus, ginjal, hati dan lain-lain. Jika otot dan organ tubuh disingkirkan, kita juga bisa melihat dengan detil struktur tulang 'pasien' kita. Pengunjung yang lain bisa melihat hasil kerja Anda, karena langsung direlay ke layar besar di dinding ruangan. Seru bukan?

Untuk masuk ke dalam Singapore Science Park, Anda cukup membayar SGD 9 atau Rp 65.500 untuk dewasa dan SGD 5 atau Rp 36.500 untuk anak-anak. Tempat ini berada di Science Center Road dan mudah dijangkau dari stasiun MRT Jurong East. Anda pun siap menjadi ilmuwan.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com