Sendang Biru, Satu Lagi Pantai Cantik di Malang

Dicky Ardian - d'Traveler - Selasa, 24/04/2012 08:32:00 WIB
detikTravel Community -  

Selain Pantai Balekambang dan pantai di Pulau Sempu, ternyata Malang memiliki Pantai Sendang Biru yang tak kalah cantiknya. Jernihnya air laut menjadi daya tarik pantai ini.

Oleh kebanyakan orang, Pantai Sendang Biru dikenal sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu. Namun, ternyata pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di Jawa Timur.

Nama Sendang Biru berasal dari bahasa Jawa, yaitu yang berarti sumber air yang berwarna biru. Ya, pantai ini memang dianugerahi air laut yang biru dan sangat jernih.

Pantai Sendang Biru berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Pantai ini persis terletak di seberang Pulau Sempu. Oleh karena itu, pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan kecantikannya.

Selain digunakan sebagai 'jembatan' ke Pulau Sempu, Pantai Sendang Biru juga menjadi tempat pusat pelelangan ikan di Kota Malang. Walau begitu, objek wisata ini jauh dari kata kotor.

Pemandangan di Pantai Sendang Biru sangat apik. Pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang biru jernih berkolaborasi menjadi pemandangan yang indah. Belum lagi warna-warni kapal nelayan yang terparkir rapi di tepi pantai.

Nah, kapal tersebut ternyata tidak hanya digunakan nelayan sebagai transportasi mencari ikan saja. Namun juga disewakan untuk wisatawan.

Anda bisa menyewa kapal tersebut untuk berkeliling di sekitar pantai. Biaya yang dipatok tidak terlalu mahal, hanya Rp 100.000 untuk kapal motor dan Rp 50.000 untuk kapal yang didayung.

Di tengah laut, Anda bisa melihat ke bawah. Di sana pemandangan bawah laut jelas terlihat. Ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang membuat pengalaman Anda mengunjungi Pantai Sendang Biru tidak akan terlupakan.

Di pantai ini masih ada adat yang selalu dijalankan oleh masyarakat setempat. Mereka akan menyeberangi laut menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika Anda ingin menyaksikan tradisi tersebut, datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7 dan 8 bulan Syawal.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com