detiktravel

Mandeh, Kembaran Raja Ampat di Barat Indonesia

Riyanbudhiarga - d'Traveler - Senin, 30/04/2012 12:45:00 WIB
detikTravel Community -  

Siapa tak kenal dengan Raja Ampat, Papua, keindahan panoramanya sudah sangat mendunia. Tenyata, destinasi yang mempesona banyak wisatawan ini punya kembaran di Sumatera Barat.

Semua traveler mulai membicarakan, mencari tahu, mengunjungi, dan menuliskan pengalamannya setelah menyaksikan keindahan alam Raja Ampat. Kepulauan yang mendunia karena keindahan dan keragaman koleksi baharinya ini sebenarnya mempunyai kembaran yang berada di barat Indonesia.

Ya, itu adalah Kawasan Mandeh. Lokasi ini berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Berjuta keindahan dan pesona alam dari kepulauan ini tidak kalah menawan dari Raja Ampat.

Kawasan Mandeh atau Mandeh resort merupakan sebuah kepulauan. Kawasan ini berbatasan langsung dengan Kota Padang yang jaraknya sekitar 56 kilometer. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju destinasi tersebut sekitar 70 menit dengan menaiki mobil.

Kawasan seluas 18.000 hektar ini memiliki keindahan dan pesona alam bahari yang sangat cantik. Oleh sebab itu, tidak heran bila kawasan ini terkenal di tingkat nasional bahkan internasional.

Dinamakan Kawasan Wisata Mandeh karena salah satu kampung yang ada di sana bernama Kampung Mandeh. Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Teluk Carocok Tarusan ini memang cukup landai dan tidak berombak karena di sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil seperti, Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil, serta Pulau Cubadak.

Gugusan pulau-pulau kecil dengan kekayaan biota laut inilah yang menjadikan Mandeh sebagai kembaran dari kawasan Raja Ampat. Adanya teluk yang menjadikan kawasan Mandeh memiliki pantai yang landai dan tidak berombak, sehingga wisatawan yang datang ke sana bisa snorkeling.

Mandeh akan semakin terlihat indah bila Anda membidiknya dari atas bukit-bukit yang mengitari kawasan ini. Kalau begitu Anda bisa mengunjungi Puncak Mandeh yang merupakan salah satu spot terfavorit. Dari atas sini Anda bisa melihat gugusan kepulauan kecil dan aktivitas kapal-kapal nelayan dari ketinggian dan panorama lengkap Kawasan Mandeh.

Kalau Raja Ampat belum bisa tercapai, ada baiknya mencoba ke Mandeh terlebih dahulu. Keindahan alam dan suasananya hampir sama. Pastinya tidak akan menyesal kalau sudah melihat si Raja Ampat dari barat Indonesia ini.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com