detiktravel

Keren! Ada Satria Baja Hitam di Manga Road, Jepang

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Senin, 07/05/2012 12:25:00 WIB
detikTravel Community -  

Satria Baja Hitam, alias Kamen Rider, pernah menjadi idola anak-anak Indonesia pada tahun 1990-an. Di Jepang, ada jalanan yang berhiaskan patung Satria Baja Hitam dan super hero lain dari Negeri Matahari Terbit itu.

Satria Baja Hitam atau Kamen Rider adalah serial super hero di Jepang yang sudah diputar sejak 1971 dan berganti setiap tahun. Sudah dua generasi warga Jepang menggilai Kamen Rider. Jagoan ini adalah buah dari kreativitas Shotaro Ishonomori (1938-1998), salah satu bapak komik Jepang.

Bukan cuma Satria Baja Hitam, Ishonomori mewarnai dunia anak-anak Jepang dengan sejumlah tokoh pahlawan lain seperti Robocon, Cyborg 009 dan lain-lain sejak dekade 1970-an sampai saat ini. Untuk mengenangnya, dibuatlah museum dan dekorasi di jalanan di kampung halamannya di Ishonomaki, Prefektur Miyagi, Jepang.

Dari Wikipedia, Jumat (4/5/2012) Manga Road adalah instalasi seni di jalanan yang memanjang dari depan stasiun kereta Ishonomaki, menuju Ishonomori Mangakan Museum. Di sepanjang jalan, wisatawan akan ditemani dengan jejeran patung tokoh karya Ishinomori seperti Kamen Rider, Cyborg 009 dll.

Ishinomaki adalah stasiun pemberhentian jika Anda ingin berkunjung ke Manga Road. Suasana Stasiun Ishinomaki pun memang berbeda dengan stasiun lain di Jepang. Di sini, hampir seluruh stasiun dihias dengan karakter manga (komik) dan tokusatsu (live action) karya Ishinomori.

Teruskan langkah kaki Anda menuju pintu keluar stasiun dan temukan patung Satria Baja Hitam hampir setinggi badan manusia. Ini bukanlah Satria Baja Hitam yang diputar di Indonesia, melainkan Satria Baja Hitam pertama yang diputar di Jepang pada 1971. Tidak hanya patung Satria Baja Hitam, Anda juga akan melewati patung Cyborg 009 yang tentunya tidak kalah besar dengan Satria Baja Hitam.

Sepanjang Manga Road ada patung-patung Satria Baja Hitam, Cyborg 009, Cyborg 003, Cyborg 001, juga Robocon yang lucu berdiri dengan tegak trotoar jalan, seolah ingin menjaga keamanan kota 24 jam.

Ternyata, ornamen seperti ini menghiasi Manga Road tidak hanya berbentuk patung, tetapi juga gambar sejenis mural yang ada di dinding toko. Bahkan, pintu lipat dan jendela bebera toko pun dihias dengan gambar tokoh karya Ishinomori. Wow! Untuk oleh-oleh, jangan lewatkan lapak kaki lima yang menjual topeng-topeng Satria Baja Hitam dan jagoan lain.

Rupanya, Manga Road pernah porak poranda saat Tsunami menghantam daerah Miyagi. Percaya atau tidak, patung Satria baja Hitam tidak rusak dan tetap berdiri gagah. Seolah-olah, hal itu menunjukkan keperkasaan super hero ini.

Miyagi pun semakin memantapkan dirinya sebagai Kota Manga dengan adanya spanduk yang bergambar karakter karya Ishinomori. Lucu! Segera keluarkan kamera dan berfotolah dengan tokoh manga idola Anda.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com