detiktravel

Jeepney, Angkutan Umum Unik di Filipina

Dicky Ardian - d'Traveler - Rabu, 09/05/2012 11:50:00 WIB
detikTravel Community -  

Ada yang unik di jalan-jalan besar Filipina. Di sana terdapat Jeepney, angkutan umum berwarna-warni dengan aksesoris yang menarik. Jeepney siap mengantarkan Anda untuk berkeliling kota. Brum!

Jeepney merupakan angkutan umum paling populer dan sudah dianggap sebagai ikon di Filipina. mobil ini sudah ada sejak akhir Perang Dunia II. Saat itu pasukan Amerika menarik diri dan meninggalkan ratusan Jeep mereka di Filipina.

Filipina tidak memiliki angkutan lain selain jeep-jeep tersebut, karena telah hancur saat perang. Namun, ide kreatif masyarakatnya untuk menyulap Jeep peninggalan Amerika sebagai angkutan umum hingga saat ini, seperti yang dikutip detikTravel dari situs Oddity Central, Rabu (9/5/2012).

Jeep tersebut dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok untuk digunakan sebagai transportasi umum utama di kota-kota besar di Filipina, seperti Manila. Kursi di dalam mobil ditambah agar sanggup menampung banyak penumpang.

Selain itu, mobil yang awalnya tanpa atap tersebut disulap sebagai tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan kota. Uniknya, pemilik Jeepney mengecat kendaraannya dengan warna-warna yang cukup mengundang mata untuk melirik.

Badan mobil yang terbuat dari logam dijadikan kanvas untuk dilukis atau dicat sesuai keinginan si pemilik mobil. Terompet besar yang berfungsi sebagai klakson juga menempel di bagian depan mobil sebagai aksesoris pelengkap.

Akan tetapi, Anda akan jarang melihat Jeep asli peninggalan Amerika di Filipina. Rata-rata Jeepney yang digunakan saat ini adalah hasil karya perusahaan lokal di Filipina dengan mengadopsi mesin dari Jepang.

Jeepney memang menjadi primadona masyarakat Filipina untuk menarik para wisatawan. Namun, badan yang cukup lebar dianggap mengganggu lalu lintas Filipina yang sudah cukup padat. Selain itu, pemerintah setempat juga mengatur pengoperasiannya karena Jeepney memerlukan bahan bakar yang cukup besar untuk pengoperasiannya.

Namun, masa depan mobil Jeepney di Filipina cukup cerah. Saat ini telah ditemukan E-Jeepney, berasal dari singatan electrical Jeepney yang berarti Jeepney berbahan dasar listrik. Beberapa E-Jeepney telah diproduksi dan mulai digunakan sebagai mobil antar-jemput sekolah, penginapan, dan taman hiburan.

 

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com