detiktravel

4 Destinasi Wisata Belanja Barang Seken Berkualitas

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Jum'at, 25/05/2012 08:30:00 WIB
detikTravel Community -  

Jika Anda salah satu pecinta barang mewah tetapi ingin mendapatkannya dengan harga murah, wajib datang ke-4 pasar ini. Selain harganya murah, barang yang dijual pun masih bagus dan dijamin berkualitas. Liburan sambil belanja murah yuk!

Tidak selamanya barang bagus itu harus baru, barang seken atau bekas pun banyak yang masih layak pakai. Nah, kalau Anda salah satu pecinta wisata belanja barang seken berkualitas, berkunjung ke-4 pasar ini, bisa melengkapkan akhir pekan Anda.

Disusun detikTravel, Jumat (25/5/2012), berikut adalah 4 pasar yang menjual barang seken berkualitas dengan harga yang miring.

1. Pasar Senen, Jakarta Pusat

Pasar Senen di Jakarta Pusat sudah bertahun-tahun terkenal sebagai pusat belanja baju bekas. Eits, jangan salah, walaupun bekas, semua barang yang dijual di sini masih layak pakai dan dijamin berkualitas loh! Pasar Senen terdiri dari dua lantai yang dipenuhi aneka pakaian dengan harga murah. Mulai dari jaket, celana, jam, kacamata, sepatu, sandal hingga gorden cantik ada di sini.

Soal harga tidak perlu kuatir, meski tiap toko mematok harga yang berbeda, seluruh barang yang dijual di Pasar Senen dijamin murah meriah. Untuk membeli 3 buah kaos, Anda bisa cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 saja. Kemeja pria dan wanita tersedia mulai harga Rp 5.000-Rp 25.000 saja. Celana pendek dan panjang tersedia mulai Rp 5.000 - Rp 120.000. Mahal? Tentu tidak. Yang terakhir itu adalah harga satu potong jins Levi's 501.

Benar sekali, walaupun Pasar Senen terkenal sebagai bursa baju bekas, namun mayoritas masih memiliki kualitas baik. Anda hanya perlu mencocokkan ukuran dan memilih barang sesuai keinginan. Konon, kalau Anda sudah 'terlatih' dalam memilih baju bekas, instinglah yang akan bekerja selama Anda berada di dalam pasar!

2. Mall Rongsok, Depok

Mal biasanya identik dengan gedung besar dan diisi dengan barang-barang mewah. Tapi apa yang terpikirkan begitu mendengar nama "Mall Rongsok"? Ini dia mal paling unik se-Indonesia, hanya ada di Depok, Jawa Barat yang khusus menjual aneka barang bekas layak pakai. Mal unik ini berada di Jl Bungur Raya No 1, Kukusan, Depok, Jawa Barat, belakang kampus UI Depok.

Aneka barang bekas dijual di Mall Rongsok, mulai dari barang elektronik, onderdil motor, komputer, pakaian, mainan anak, perlengkapan salon, hingga furniture memenuhi lantai dan langit-langit toko seluas 800 meter persegi ini. Harga barang yang ditawarkan bervariasi, berkisar Rp 500 - Rp 2 juta. Jadi, Anda tidak perlu kuatir kantong jebol jika berbelanja di sini. Barang yang paling laris diburu pembeli adalah alat kantor seperti meja, kursi, dan komputer. Khusus komputer, Anda bisa merakitnya sendiri sesuai dengan yang diinginkan.

Barang yang dijual di Mall Rongsok tidak semuanya barang bekas, ada juga barang baru seperti pakaian. Biasanya, pakaian yang dijual di sini langsung didapat dari perusahaan konveksi. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Mall Rongsok ini setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Mall Rongsok ini juga buka pada hari Sabtu dan Minggu, sehingga tempat ini pun cocok untuk agenda akhir pekan Anda.

3. Pasar Gedebage, Bandung

Pusat belanja barang seken tidak hanya bisa Anda temui di Jakarta, tapi juga Bandung. Saat berkunjung ke Kota Kembang ini, jangan hanya menghabiskan waktu dengan belanja di factory outlet yang menjamur di sana. Cobalah datang ke Gedebage, Bandung. Tumpukan baju seken berkualitas bisa Anda temukan di sana.

Pasar Seken Gedebage, Bandung biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Pasar ini terkenal sebagai pusat wisata belanja baju seken bekas berkualitas, seperti jaket, kaos, kemeja, dan aneka pakaian anak-anak. Setiap orang yang datang dengan tangan kosong, dijamin akan pulang dengan kantung belanjaan.

Nyatanya, harga yang ditawarkan memang sangat miring, bisa lebih murah hingga 70% dari harga baju yang masih baru. Kaos, sweater, jaket, baju flannel, jins, celana hingga jas mewah diberi harga mulai dari Rp 5.000-300.000, tergantung bahan dan kondisi barang. Untuk membeli beberapa stel pakaian, jaket, dan pakaian anak bisa Anda dapatkan kurang dari Rp 100.000. Ada satu hal yang tidak boleh dilupakan saat belanja di Pasar Gedebage ini, yaitu menawar. Semakin pintar Anda menawar, semakin murah purah harga barang yang didapatkan.

4. Pasar Lereng, Bukittinggi

Pasar Lereng Bukittinggi memang pasar lengkap yang menjual aneka barang, mulai dari makanan, peralatan rumah tangga, hingga oleh-oleh ada di sini. Nah, Anda pecinta barang seken, di Pasar Lereng Bukittinggi juga ada pusat penjualan barang seken. Letaknya tak jauh dari jejeran kios penjual nasi kapau.

Dari kejauhan, sudah tampak banyak toko yang memajang pakaian bekas layak pakai. Cara penjajakan barang pun berbeda-beda tiap tokonya. Ada yang digelar mulai dari lantai beralaskan tikar, dipajang di etalase, hingga digantung di langit-langit. Semua tempat seakan terisi oleh pakaian.

Jenis pakaian yang dijual bervariasi, mulai dari jaket, kaos, kemeja, hingga jins ada di tempat ini. Sama seperti pasar yang menjual barang seken lainnya, Pasar Lereng Bukittinggi menjual barangnya dengan harga yang bervariasi, dan tentunya murah. Cukup dengan membawa uang Rp 100.000, Anda sudah bisa mendapatkan kaos, kemeja, dan jaket yang masih layak pakai. Tertarik?

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com