detiktravel

Memetik 1.000 Bunga Cantik di Desa Sidomulyo

Dicky Ardian - d'Traveler - Rabu, 30/05/2012 17:20:00 WIB
detikTravel Community -  

Dari beberapa wisata agro yang terdapat di sekitar Kota Malang, Desa Sidomulyo, Batu merupakan salah satu yang cukup unik. Di kawasan ini terdapat hamparan kebun bunga yang terdiri lebih dari 1.000 jenis. Wow!

Jika Anda berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur cobalah sesekali mampir ke Desa Sidomulyo. Kawasan ini terdapat beberapa kebun tempat budi daya bunga terbesar di Jawa Timur. Letaknya hanya sekitar 8 km dari pusat Kota Batu.

Dari kejauhan, kebun-kebun tersebut terlihat sangat luas dan penuh warna. Saking luasnya, perkebunan ini tersebar hingga 3 dusun sekaligus, yaitu Dusun Tinjumoyo, Dusun Tonggolari, dan Dusun Sukorembug. Bagi Anda yang sedang penat karena aktivitas sehari-hari, Desa Sidomulyo mungkin bisa menjadi obat yang ampuh.

Dari situs Halo Malang, Rabu (30/5/2012) di perkebunan ini berjejer dengan rapi berbagai jenis bunga, seperti mawar, sakura, lavender, ceplok piring, bambu air, agape, cemara, nusa indah, beringin putih, krissan, dan anggrek. Tentunya Anda bisa membayangkan betapa cantiknya bunga-bunga tersebut berada di kebun yang luas.

Asyiknya lagi, di beberapa kebun kita bisa memetik bunga secara cuma-cuma untuk buah tangan. Akan tetapi, jika Anda ingin membawa pulang bunga dalam jumlah banyak, tentunya akan dikenakan biaya. Selain memetik dan membelinya, Anda juga bisa belajar di Desa Sidomulyo. Anda akan diajari seluk beluk tentang bunga, mulai dari cara menanam bunga, penyiraman, proses mekarnya bunga, hingga siap dijual.

Ada fasilitas di Desa Sidomulyo yang mungkin sulit untuk bisa Anda temukan di tempat wisata lainnya. Di sini, Anda akan ditemani oleh petani yang juga sebagai pemandu wisata. Mereka dengan senang akan menyambut kedatangan Anda tanpa memungut biaya sedikitpun.

Selain kaya akan jenis bunga, desa ini juga dianugerahi dengan pemandangan yang luar biasa. Berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl membuat udara di sini sangat sejuk. Langit yang biru terang seakan menemani Anda mengitari kebun bunga ini.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com