detiktravel

Travel Highlight

Ini Dia Daftar Harga Tiket Masuk Taman Hiburan Top

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Kamis, 14/06/2012 09:05:00 WIB
detikTravel Community -  

Liburan sekolah asyiknya diisi dengan mengajak buah hati ke taman hiburan. Berikut adalah daftar harga tiket masuk taman hiburan top di Indonesia, yang bisa dijadikan referensi untuk berlibur dengan buah hati tercinta.

Salah satu cara asyik mengisi liburan anak setelah ujian seminggu penuh adalah dengan mengajaknya bermain di taman hiburan. Tenang saja, Indonesia terutama Jakarta punya sederet taman hiburan yang asyik untuk disambangi.

Ditulis detikTravel, Kamis (14/6/2012), berikut adalah harga tiket masuk dan promo yang diberikan taman hiburan di Indonesia:

1. Taman Wisata Mekarsari, Bogor


Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Jl Raya Cileungsi, Bogor, cocok untuk dijadikan sarana bermain dan edukasi untuk anak-anak. Harga tiket masuknya Rp 15.000/orang, Anda sudah bisa menikmati hijaunya taman wisata ini. Sayangnya, tiket ini belum termasuk tiket untuk wahana atau permainan di sana.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa mengambil paket yang ditawarkan Taman Wisata Mekarsari. Ada beberapa paket yang ditawarkan, yaitu tiket belimbing, durian, manggis, dan matoa. Untuk pengunjung yang membeli tiket terusan ini, bisa mendapatkan keuntungan diskon 10% di Toko Buah, Garden Center dan Toko Cinderamata.

Selain itu, dengan mengambil paket hemat ini, Anda bisa bermain langsung di beberapan wahana seperti banana boat, outbound, greenland tour, dan banyak lagi.

Untuk paket belimbing dikenai harga Rp 35.000/orang saat weekdays dan Rp 40.000/orang saat weekend, dengan tiket terusan outbond dan kereta wisata. Inilah yang tertulis di situs Taman Wisata Mekarsari, Kamis (14/6/2012).

Sementara, paket durian ditawarkan Rp 98.000/orang saat weekdays dan Rp 100.000/orang saat weekend. Paket ini termasuk garden center, cinderamata, greenland tour, outbound, kereta wisata dan banana boat.

2. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Tempat wisata lain yang asyik untuk didatangi bersama buah hati adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di kawasan Jakarta Timur. TMII tidak hanya menyajikan sarana bermain tetapi juga edukasi. Ada banyak taman bermain dan museum yang bisa Anda datangi di sini.

Harga tiket masuk yang dipatok pun tidak mahal. Untuk masuk ke dalam TMII, Anda hanya dipungut biaya masuk Rp 9.000/orang, plus Rp 10.000 untuk satu mobil dan Rp 15.000 untuk satu bis kalau Anda berangkat rombongan.

TMII memiliki banyak anjungan provinsi yang bisa didatangi kapan saja, seperti anjungan Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Palembang, Jawa Tengah dan masih banyak lagi. Asyiknya, semua anjungan bisa Anda datangi dengan cuma-cuma.

Jika tidak ingin melepaskan sisi pendidikan saat liburan, Anda bisa mengajak anak-anak masuk ke setiap museum yang ada di TMII, seperti Museum Keprajuritan, Museum Transportasi dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 2.000/orang.

Satu lagi tempat di TMII yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Pusat Peraga IPTEK (PP IPTEK). Di sini, anak Anda tidak hanya bisa bermain tetapi juga belajar mengenai teknologi. Harga tiket masuknya yaitu Rp 16.500/orang.

Liburan di TMII semakin asyik dengan adanya wahana baru balon udara. Anda bisa melihat keindahan Jakarta dari ketinggian, hanya dengan membayar Rp 90.000 untuk orang dewasa dan Rp 60.000 untuk anak-anak.

3. Taman Safari, Bogor

Tempat wisata lain yang asyik untuk dikunjungi bersama anak saat liburan adalah Taman Safari di Cisarua, Bogor. Di sana, Anda bisa mengajak buah hati bertemu dan berkenalan dengan aneka satwa.

Cara Taman Safari mengenalkan hewannya berbeda dengan kebun binatang lain. Di sini, hewan sengaja dilepas bebas. Anda pun dipersilakan berkeliling langsung menggunakan mobil.

Ada dua paket wisata yang ditawarkan Taman Safari di Cisarua, Bogor, yaitu wisata siang hari dan wisata malam atau safari night. Harga tiket masuk wisata biasa atau siang hari adalah Rp 100.000 untuk pengunjung usia di atas 6 tahun, dan Rp 90.000 untuk pengunjung di bawah 5 tahun.

Untuk Safari Night, biayanya sedikit lebih mahal dari tur biasa, yaitu Rp 120.000/orang untuk pengunjung usia 6 tahun ke atas. Sedangkan pengunjung yang berusia 5 tahun ke bawah, dikenai biaya Rp 100.000.

4. Kidzania, Jakarta

Nah, ini dia tempat bermain anak yang sedang digandrungi anak-anak di Jakarta, Kidzania di Mal Pacific Place, Jakarta. Di tempat ini, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar bekerja.

Menu utama di sini adalah pengalaman bekerja dan belajar dengan praktek langsung. Ada lebih dari 70 wahana yang bisa dicoba anak-anak. Wahana ini berisi berbagai jenis pekerjaan yang ada di kehidupan orang dewasa yang tentunya dikemas sedemikian sederhana dan juga menarik.

Mereka bisa jadi apa saja, dari mulai dokter gigi, fotografer, penari, pemadam kebakaran sampai wartawan. Di pintu masuk, anak-anak akan diberi sebuah cek yang berisi 50 kidzos (mata uang yang berlaku di sini). Setelah itu, mereka bisa mencairkan cek di bank.

Permainan Kidzania dibuka untuk dua sesi, yaitu sesi 7 jam untuk Senin-Kamis dan 5 jam untuk Jumat-Minggu. Harga tiket pun bervariasi, untuk durasi 7 jam, peserta membayar tiket masuk seharga Rp 50.000 untuk anak usia 2-3 tahun, Rp 130.000 untuk usia 4-16 tahun, dan Rp 90.000 untuk usia 16-64 tahun.

Untuk durasi 5 jam, harga yang dipatok tentu berbeda dengan yang 7 jam. Perbedaan harga ini berlaku untuk peserta usia 4-5 tahun dan 16-64 tahun. Peserta dengan usia 4-5 tahun, dikenai biaya Rp 115.000/orang, sedangkan usia 16-64 tahun dikenai biaya Rp 75.000.

Khusus masa liburan, harga tiket masuk Kidzania mengalami kenaikan. Untuk anak usia 2-3 tahun dikenai biaya masuk Rp 100.000. Sedangkan, peserta usia 4-64 tahun diharuskan membayar Rp 155.000.

5. Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta

Salah satu tempat rekreasi yang paling dipadati saat musim liburan sekolah tiba adalah Taman Impian Jaya Ancol. Banyaknya pilihan berwisata menjadi keunggulan di tempat ini. Untuk masuk ke dalam Ancol, pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 15.000/orang.

Anda bisa mengajak anak bermain air di Atlantis dengan membayar biaya masuk Rp 90.000 saat weekdays, dan Rp 110.000 saat liburan atau akhir pekan.

Nah, untuk Anda yang ingin permainan yang menantang, bisa masuk ke Dufan. Dengan membayar Rp 235.000 saat weekdays dan Rp 265.000 saat akhir pekan, Anda sudah bisa mencoba seluruh wahana seru yang ada di Dufan.

Tidak suka dengan permainan yang terlalu menantang seperti di Dufan? Datang saja ke Gelanggang Samudera dengan membayar tiket Rp 90.000 saat weekdays dan Rp 110.000 untuk akhir pekan.

Khusus liburan nanti, Taman Impian Jaya Ancol mengeluarkan promo khusus. Promo ini bernama One Day @Ancol.

"Jadi promo ini berlangsung mulai 18 Juni-15 Juli 2012. Pengunjung hanya perlu membeli tiket Dufan seharga Rp 250.000, dia sudah bisa menikmati seluruh unit rekreasi," kata Corporate Communication Manager Taman Impian Jaya Ancol, Metty Yan Harahap, saat dihubungi detikTravel, Kamis (14/6/2012).

6. Trans Studio, Bandung

Kalau Jakarta punya taman hiburan Dufan, Bandung ada Trans Studio. Mirip seperti Dufan, wahana yang ada di Trans Studio juga memacu adrenalin. Hanya saja, Trans Studio mengambil konsep indoor atau dalam ruangan.

Harga tiket masuknya yaitu Rp 150.000 untuk Senin-Jumat dan Rp 200.000 untuk Sabtu-Minggu. Dengan membayar tiket masuk, Anda dan buah hati sudah bisa menikmati seluruh wahana yang ada di sana.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com