Travel Highlight

Banyak Jalan Menuju Bali

Dicky Ardian - d'Traveler - Kamis, 21/06/2012 08:00:00 WIB
detikTravel Community -  

Sebagai pulau wisata paling ternama di Indonesia, Bali sudah pasti memiliki banyak akses untuk dijangkau. Jalur darat, laut, dan udara bisa menjadi pilihan setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Dewata.

Siapa yang tidak kenal Bali, pulau yang kaya akan panorama alam, destinasi wisata, dan kebudayaannya ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan banyak turis yang mengatakan belum ke Indonesia bila belum ke Bali.

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi Bali, yang paling utama adalah pesawat terbang. Transportasi ini adalah jenis yang paling diminati banyak wisatawan. Bandara Ngurah Rai merupakan bandara internasional yang menjadi pintu masuk udara ke Pulau Bali.

Sejumlah maskapai dalam dan luar negeri membuka jalur penerbangan ke Bandara Ngurah Rai. Maskapai itu antara lain AirAsia, Batavia Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala Airlines, Merpati Airlines, Sriwijaya Air, Wings Air, Pacific Royale Airways, Cathay Pacific Airways, China Airlines, EVA Air, Hong Kong Express, Jetstar Asia Airways, Jetstar Airways, Korean Air, Malaysia Airlines, Qatar Airways, Singapore Airlines, Thai Airways International, Transaero, Valuair, danPacific Blue.

Menjelang libur panjang seperti saat ini, biasanya banyak maskapai penerbangan yang memberikan promo. Untuk mendapatkannya, Anda harus sering-sering membuka dan meng-update informasi dari situs resmi maskapai penerbangan. Saat ini, semua maskapai penerbangan memiliki rute ke Pulau Dewata di setiap harinya.

Selain pesawat terbang, wisatawan bisa pergi ke Pulau Bali dengan bus atau kereta api yang dilanjutkan dengan bus. Salah satu bus yang melayani perjalanan dengan rute Jakarta-Denpasar adalah OBL Safari Dharma Raya. Dengan harga tiket Rp 350.000, Anda akan diantar menuju Denpasar kurang lebih 24 jam perjalanan.

"Rute kita dari Jakarta ke Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) dulu, baru nanti ke Bali dengan kapal feri," ungkap salah satu pegawai PO OBL Safari Dharma Raya, Ahmad saat bincang singkat dengan detikTravel melalui telepon, Kamis (21/6/2012). "Oh iya, itu sudah termasuk biaya penyeberangan," tambahnya.

Bagi para backpacker, kereta api menjadi pilihan untuk bisa sampai ke Pulau Bali. Harganya yang murah menjadikan jenis transportasi ini digemari banyak orang. Dari situs resmi PT KAI saat dikunjungi detikTravel, Kamis (21/6), ada tiga pilihan kereta api dengan tujuan Stasiun Pasar Turi, Surabaya, yaitu Argo Bromo Anggrek Pagi, Sembrani, dan Argo Bromo Anggrek Malam.

Khusus Argo Bromo Anggrek Pagi, kereta akan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 09.30 WIB dan dibanderol dengan harga Rp 330.000. Sedangkan Kereta Sembrani berangkat dari Gambir pukul 19.30 WIB dan dipatok dengan harga Rp 325.000. Untuk Argo Bromo Anggrek Malam, kereta akan berangkat pukul 21.30 WIB dengan harga Rp 330.000. Harga tiket tersebut untuk kelas eksekutif. Pada situs resmi PT KAI juga disebutkan bahwa adanya promo tiket dengan harga Rp 100.000 menggunakan ketiga kereta tersebut.

Nah, ketika sudah sampai Stasiun Pasar Turi, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Ini dia jalur laut paling penting menuju Bali. Apapun wahana transportasi darat yang Anda gunakan, ujung-ujungnya harus menyeberang dengan feri dari Pelabuhan Ketapang.

Dari sini, Anda bisa menyeberangi Selat Bali menggunakan kapal feri ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Harga tiket mulai dari Rp 7.500 per orang. Jangan lupa membawa kartu identitas untuk pemeriksaan di pelabuhan.

Nah, yang mana pilihan transportasi Anda menuju Pulau Dewata? Ingat-ingat, jaga barang bawaan selama perjalanan dan selamat berlibur!



Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com