detiktravel

Keren! Telur Bisa Berdiri Sendiri di Perayaan Peh Cun

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Jum'at, 22/06/2012 07:39:00 WIB
detikTravel Community -  

Jangan lewatkan Perayaan Peh Cun yang akan diadakan di Pantai Parangtritis Sabtu Besok. Di sini, Anda akan menyaksikan fenomena unik, sebuah telur bisa berdiri tanpa bantuan alat.

Pada Sabtu (23/6/2012) besok, Komunitas Tionghoa Yogyakarta bersama Dinas Pariwisata DIY dan Pemerintah Kabupaten Bantul akan menggelar perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis, Bantul. Pada saat puncak parayaan Peh Cun ini, Anda akan menyaksikan suatu fenomena unik. Sebuah telur bisa berdiri sendiri di atas bidang datar atau rata tanpa ada bantuan alat penyangga/penahan. 

Peh Cun adalah penanggalan China yang jatuh pada tanggal 5 bulan 5. Saat itu posisi matahari berada pada titik kulminasi terdekat dengan bumi di siang hari. 

Kuatnya pengaruh gravitasi matahari tehadap bumi membuat sebuah telur bisa berdiri. Ada kepercayaan yang mengatakan, bagi yang bisa mendirikan telur saat Peh Cun akan mendatangkan berkah tersendiri.

Tidak hanya itu, Perayaan Peh Cun juga sebagai ungkapan syukur atas kepahlawan Khut Gwam, seorang perdana menteri saat Dinasti Han berkuasa, yang hilang di sebuah danau. Untuk menghormatinya warga menggelar upacara Peh Cun, dan menyediakan kue bacang sebagai ungkapan rasa syukur.

"Perayaan Peh Cun 2012 di Pantai Parangtritis mulai tanggal 22-24 Juni," kata Kepala Seksi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata DIY, Pipo Arrohmanuri kepada wartawan di kantor Jl Malioboro, Kamis (21/6/2012).

Perayaan Peh Cun akan diawali dengan ritual malam Peh Cun. Anda bisa meliha Fragmen tari, dan kesenian barongsai di Pantai Parangtritis pada tanggal 22 Juni mulai pukul 18.00 WIB. 

Tidak berhenti di situ, ritual masih dilanjutkan pada hari Sabtu (23/6) mulai pukul 10.00 WIB. Saat itu warga Tionghoa dari Yogyakarta dan Jawa Tengah melakukan doa bersama dan upacara Jut Bio. Kemudian mereka mendirikan telur, bakti sosial berupa pembagian sembako dan berbagai atraksi kesenian tradisional lainnya.

"Hari Minggu 24 Juni atau di hari terakhir akan digelar lomba Perahu Naga di Bendung Tegal, Jl Parangtritis Km 15 Kecamatan Jetis Bantul. Peserta dari Jawa Tengah dan Yogya," kata Pipo.

Penasaran? Datang saja langsung ke Pantai Parangtritis akhir pekan ini, ya!

Bagus Kurniawan - detikTravel

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com