Lucu! Ada Danau Polkadot di Kanada

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Senin, 25/06/2012 07:35:00 WIB
detikTravel Community -  

Ada fenomena unik yang bisa Anda lihat saat berada di Kanada, yaitu Danau Kliluk. Danau ini cukup terkenal karena permukaannya yang membentuk pola bintik-bintik polkadot. Lucu!

Berada di Kota Osoyoos, Canada, danau polkadot ini berhasil menarik banyak perhatian pengunjung dari seluruh dunia. Betapa tidak, permukaan danau ini menimbulkan corak yang tidak wajar, yaitu bintik-bintik seperti polkadot.

Jika dilihat lebih dekat, bintik-bintik ini terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam ini pun menumpuk dan membentuk suatu lingkaran, dengan air danau yang terlihat di bagian tengah lingkarannya.

Tidak hanya satu, lingkaran garam ini terlihat banyak di permukaan Danau Kliluk. Jika dipandang dari kejauhan atau ketinggian pun tampak seperti berlubang, tak salah jika disebut polkadot. Lucu sekali!

Penasaran dengan fenomena ini? Ternyata, garam-garam ini berasal dari mineral yang terkandung banyak di dalam danau. Beberapa mineral yang terkandung di Danau Kliluk antara lain magnesium sulfat, kalsium dan natrium sulfat.

Melihat keunikan ini, Danau Kliluk pun mulai dipadati pengunjung yang penasaran ingin melihat langsung, dan menjadi atraksi menarik bagi wisatawan. Tidak hanya, ternyata turis yang datang juga ada yang membawa tujuan tertentu.

Salah satu tujuan itu adalah ingin mengambil air danau, dan digunakan untuk pengobatan kulit. Konon, kandungan mineral yang terdapat di Danau Kliluk bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Dari pinggiran danau, coba lempar pandangan Anda ke sekeliling, ada pemandangan yang tak kalah indah. Hamparan pohon hijau tampak rapat menjaga danau. Barisan bukit yang mengelilingi danau juga berdiri dengan gagahnya, menjadi pagar alami.

Sayangnya, Danau Kliluk kini sudah dipagar. Wisatawan tidak bisa masuk ke lokasi dengan bebas. Ini untuk menjaga danau agar tidak rusak.

Meskipun jumlah pengunjung yang masuk dibatasi, Anda tetap bisa melihat kecantikannya dari luar danau. Ratusan bintik-bintik mineral yang ada di permukaan danau, tidak pernah bosan untuk dipandang.



Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com