Gunung Kerinci, Menapaki Keindahan Tertinggi di Sumatera

Afif Farhan - d'Traveler - Senin, 25/06/2012 18:45:00 WIB
detikTravel Community -  

Gunung kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera di Indonesia. Ada banyak keindahan di gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl tersebut. Alamnya sungguh sempurna, mulai dari danau hingga kekayaan flora dan fauna.

Bagi anda para pendaki, keindahan Gunung Kerinci sungguh sayang untuk dilewatkan. Di dalam jalur pendakiannya, ada banyak keindahan yang dapat Anda rasakan. Gunung Kerinci akan membuat siapa pun terpesona akan kemegahannya.

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Senin (25/6/2012), Gunung Kerinci dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Ada banyak pula flora dan fauna yang dapat Anda temukan di sana.

Gunung ini memiliki beragam fauna, antara lain tapir, kuskus, gajah, siamang, gibbon, monyet ekor panjang, dan 140 jenis burung. Ada padang rumput, Danau Gunung Tujuh, hingga hutan-hutan tropis yang menarik untuk dijelajahi.

Puncak Gunung Kerinci adalah surga dunia, meski dibutuhkan perjuangan berat untuk mencapainya. Pendakian menuju Puncak Gunung Kerinci memakan waktu selama dua hari. Di sana terdapat beragam jalur pendakian, yaitu jalur beraspal, jalur aliran sungai kecil, jalur berbatu cadas, jalur pasir, jalur dengan rumput dan pepohonan tinggi, hingga jalur tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.

Yang juga menjadi kesulitan, yaitu larangan bagi pendaki untuk bermalam di ketinggian kurang dari 1.500 mdpl. Hal ini karena banyaknya binatang buas yang masih berkeliaran, seperti harimau Sumatera. jadi Anda harus lebih cermat dan berhati-hati.

Setibanya di puncak Gunung Kerinci ada keindahan yang tak bisa dilukiskan. Anda akan menyaksikan kawah Gunung Kerinci, lanskap Kota Jambi, Padang, Bengkulu, Danau Kerinci, dan Danau Gunung Tujuh, bahkan juga Samudera Hindia yang membentang indah di kejauhan. Ya, dari puncaknya terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan.

Ada kepuasan tersendiri saat Anda berhasil menapaki kaki di puncak tertinggi di Pulau Sumatera ini. Alam yang sempurna, bukti keagungan Tuhan.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com