detiktravel

Mencari Jejak Putri Salju Sampai Rapunzel di Jerman

Sri Anindiati Nursastri - d'Traveler - Rabu, 27/06/2012 12:20:36 WIB
detikTravel Community -  

Rapunzel, Putri Salju, dan Si Kerudung Merah adalah beberapa dongeng yang pasti lekat di benak Anda. Para traveler bisa menyusuri kisah dongeng karangan Grimm bersaudara ini dalam German Fairy Tale Road sejauh 600 km.

Eksistensi Jerman sebagai penghasil kisah dongeng anak-anak sudah tak diragukan lagi. Nama yang paling dikenal terkait ini adalah Jacob dan Wilhelm Grimm, dua bersaudara yang jadi otak di balik paparan dongeng lintas generasi. Mulai dari Putri Tidur (Sleeping Beauty), Si Kerudung Merah (Little Red Riding Hood), Putri Salju (Snow White), Rapunzel, hingga Bremen Town Musicians.

Rupanya, dongeng-dongeng ini tak hanya untuk didengar dan diceritakan ulang. Anda bisa menyusuri kisah-kisah mereka di German Fairy Tale Road!

Rute ini membentang sepanjang 600 kilometer, dari Kota Hanau di bagian tengah sampai Kota Bremen di bagian utara Jerman. Rute ini menghubungkan kota-kota mungil serta lanskap alam yang menginspirasi kisah-kisah dongeng tersebut.

Desa-desa mungil abad pertengahan menjadi latar yang sempurna. Jalan batu, rumah-rumah kayu, serta hutan lebat akan melambungkan angan dan imajinasi tentang putri, penyihir, pangeran, juga kurcaci.

Serunya lagi, hampir semua kota menyuguhkan aktivitas seru terkait dongeng. Mengutip situs Go Germany pada Rabu (27/6/2012), wisatawan bisa menonton pertunjukan boneka, mendengarkan dongeng, serta menyaksikan aksi teatrikal. Tak hanya itu, parade juga sering berlangsung mengusung tema kisah dongeng di kota tersebut. Lucu!

Anda bisa memulai perjalanan dari Steinau. Terdapat Museum of the Brothers Grimm yang dulu menjadi rumah tinggal Grimm bersaudara. Kota tua Steinau itu sendiri sangat indah, dengan banyak kastil dan jalanan berbatu yang diterangi lampu temaram.

Wilayah Schwalm yang berada di sepanjang Sungai Schwalm adalah latar dongeng Si Kerudung Merah. Anda bisa trekking masuk ke dalam hutan, menyambangi Museum Ziegenhain di mana terdapat kostum si kerudung merah beserta neneknya. Jangan kuatir, tak ada serigala seperti yang diceritakan dalam dongengnya!

Ikuti kisah romantis Rapunzel di Kastil Trendelburg. Dari menara kastil inilah Rapunzel menggerai rambut pirangnya yang panjang, sehingga Pangeran bisa memanjat dan menyelamatkannya.

Kastil Sababurg yang berusia 650 tahun adalah tempat Putri Tidur terlelap selama seratus tahun, hingga akhirnya bangun karena ciuman seorang pangeran. Eits, jangan buru-buru pergi kalau sudah sampai sini. Anda bisa menginap di kastil ini! Sababurg adalah hotel kastil romantis yang dikelilingi taman hijau penuh bunga.

Masih banyak tempat untuk mengeksplorasi dongeng kegemaran Anda. Susurilah rute ini dan Anda bisa membuat dongeng sendiri, once upon a time...



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com