detiktravel

Desa Adat Papua

Ada Gendang Dari Kulit Manusia di Papua!

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Selasa, 03/07/2012 19:22 WIB
Jayapura - Desa adat Yobeh di Danau Sentani, Kab Jayapura, Papua, punya benda pusaka yang menakjubkan. Mereka memiliki Tifa, gendang khas Papua, berumur 200 tahun yang memakai kulit manusia asli.

Kunjungan saya ke Desa Yobeh dilakukan di sela-sela Festival Danau Sentani 2012, Kamis (22/6/2012) lalu. Setelah mengambil beberapa gambar, saya mendapati seluruh rombongan mengerubungi Kepala Suku. Rupanya ia sedang menjelaskan sesuatu, tentang Tifa berumur ratusan tahun.

"Tifa dibuat menggunakan kulit manusia. Umurnya dua ratus tahun. Dulu ada dua, Tifa laki-laki sama perempuan. Yang perempuan dibawa ke Belanda, sekarang dimuseumkan di sana. Di sini, tinggal Tifa laki-laki," jelas sang Kepala Suku, tampak berusaha terus menggunakan bahasa Indonesia saat berbicara dengan pengunjung.

Tifa adalah alat musik khas Papua yang berbentuk gendang. Mendengar penjelasan sang Kepala Suku, seluruh rombongan penasaran. Kami lalu dibolehkan masuk ke dalam sebuah rumah tempat Tifa itu disimpan. Sebelum masuk ruangan, kami wajib mengucap salam. Permisi...

Ada dua Tifa yang menggantung di langit-langit. Warnanya hitam, mungkin termakan usia. Sejepret-dua jepret kamera dan saya pun keluar untuk ganti giliran dengan pengunjung lainnya. Di pintu rumah, Kepala Suku angkat bicara.

"Tifa ini sebagai pertanda kalau ada warga yang mau meninggal. Yang rambutnya sudah memutih, yang sudah ada bercak-bercak di wajahnya. Malam hari, Tifa akan bunyi sendiri. Pertanda besoknya dia akan meninggal."

Astaga! Ini adalah hal paling mistis yang saya temui sepanjang FDS 2012. Tapi rupanya Kepala Suku belum selesai cerita.Next

Promo tiket ke Jayapura mulai dari Rp. 1.868.679

Halaman 123

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Hanoi Rp. 3.501.554 PILIH
Jakarta Beijing Rp. 1.687.130 PILIH

Powered by
Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com