Solo Juga Punya Parade Sekelas Mardi Gras!

April - d'Traveler - Selasa, 10/07/2012 11:40:00 WIB
detikTravel Community -  

 

Kota Rio de Janeiro, Brazil, terkenal dengan parade kostum Mardi Gras. Tapi tahukah Anda, Kota Solo di Jawa Tengah juga punya parade yang tak kalah serunya. Ini dia, Solo Batik Carnival!

Drum band dengan irama menghentak menandakan pagelaran Solo Batik Carnival ke-5 segera dibuka saat itu. Solo Batik Carnival yang digelar pada Sabtu 30 Juni 2012 berhasil memukau para penonton ataupun wisatawan yang sudah menunggu sejak pukul 17.00 WIB di Stadion Sri Wedari.

Solo Batik Carnival kali ini menggusung tema "Metamorphosis" dengan konsep outdoor parade dan indoor performance. Untuk melihat parade unik ini, saya besama wisatawan lainnya dikenakan harga tiket mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 200.000.

Sore itu, cuaca Kota Solo sangat bersahabat. Angin sore berhembus semilir di bawah langit yang perlahan memerah menuju senja. Kota Solo terlihat sibuk mempersiapkan pertunjukan akbar tahunan yang selalu menyedot perhatian warga maupun turis.

Parade ini dibuka tepat pukul 18.30 WIB dengan atraksi dua barongsai yang memukau. Selesai pertunjukan barongsai, puluhan remaja pun melakukan tarian kolosal dengan kostum batik. Selanjutnya berturut-turut peserta carnival dengan kostum sesuai tema berurutan berjalan mengitari lapangan sambil menari-nari.

Pada bagian ini, peserta carnival dibagi dalam empat meta. Meta pertama, peserta menggunakan warna pendukung perak, putih, hitam dan abu-abu dengan payet dan aksesoris warna-warna perak, pink, putih, abu-abu, hitam, merah dan lain-lain. Tentu saja unsur batik tetap dipertahankan dalam sentuhan detail busananya.

Pada meta dua, dengan tetap mempertahankan unsur batik, peserta mengggunakan warna pendukung kuning, emas, krem, coklat dan tembaga. Aksesoris permata dan payet warna-warna hijau muda dan tua, emas, coklat, hijau toska, tembaga, kuning, jingga, dan lain-lain. 

Meta dua selesai kini giliran rombongan meta tiga unjuk gigi. Mereka menggunakan warna pendukung biru muda atau biru tua dengan aksesoris. Payet dan permata warna-warna biru, ungu, emas, kuning, dan tembaga menghiasi seluruh pakaian yang digunakan peserta.

Sebagai rombongan terakhir, meta empat muncul dengan warna kombinasi biru muda atau biru tua sehingga membentuk gradasi warna dalam satu kostum. Payet dan permata menuju warna-warna silver, emas, ungu, biru, putih, dan hijau toska menjadi warna pendukung yang mempercantik penampilan mereka.

Selesai melakukan pementasan indoor selama hampir 1,5 jam, seluruh peserta carnival berparade di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dengan rute start dari Stadion Sri Wedari dan berakhir di Balaikota Solo.

Suasana parade berlangsung meriah dan heboh. Rasanya seperti berada di planet luar angkasa melihat aneka kostum yang luar biasa kreatif! Beberapa kostum bahkan dilengkapi dengan musik dan lampu yang berwarna-warni.

Solo Batik Carnival tidak kalah dengan parade Mardi Grass di Rio De Janeiro, Brazil. Ribuan penonton yang sudah menyemut di sepanjang Jalan Slamet Riyadi berkesempatan untuk berfoto dengan para peserta karnival yang terdiri dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Warga yang berbaur dengan turis terlihat sangat antusias setiap kali peserta carnival keluar dari Stadion. Putri Indonesia 2011, Maria Selena dengan menggunakan kostum berwarna putih ikut memeriahkan acara pawai tahun ini.

Salut untuk kota Solo yang berhasil mempertahankan konsistensi pagelaran Solo Batik Carnival setiap tahunnya. Semoga tahun depan Solo Batik Carnival akan lebih semarak dengan tata musik yang lebih baik, kostum yang lebih heboh dan tiket yang lebih bersahabat harganya. Pertahankan konsep parade di jalanan agar warga dapat menikmati aksi kreasi seni warga Solo.

 

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com